ANALISIS PENGARUH JUMLAH TENAGA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN, PENGELUARAN PEMERINTAH PADA PERTUMBUHAN EKONOMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMISKINAN DI SULAWESI UTARA TAHUN 2001-2010

Authors

  • Dewi Sunusi

Abstract

Objek penelitian ini adalah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan judul penelitian “Analisis Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah  pada Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya terhadap Kemiskinan Di Sulawesi Utara Tahun 2001-2010†Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengeluaran pemerintah pada pertumbuhan ekonomi dan dampaknya terhadap kemiskinan di Sulawesi Utara. Adapun data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah data sekunder berjenis time series sejak tahun 2001 hingga tahun 2010 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Path. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah serta kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi Sulawesi Utara. Khusus di Sulawesi Utara Pertumbuhan Ekonomi mengalami fluktuasi, dimana pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2009 terjadi kenaikan Pertumbuhan Ekonomi dari setiap tahunnya. Sedangkan, pada tahun 2010 terjadi penurunan. Kenaikan dan penurunan tersebut dapat dipengaruhi oleh jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengeluaran pemerintah, dan kemiskinan. Jumlah angkatan kerja di Sulawesi Utara terus mengalami kenaikan. Begitu pula yang terjadi pada tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah yang terus mengalami kenaikan. Berbeda dengan tingkat kemiskinan dimana setiap tahunnya mengalami penurunan yang dilihat dari keberhasilan tenaga kerja yang setiap tahunnya mengalami kenaikkan.

Kata Kunci :pertumbuhan ekonomi, pengeluaran pemerintah, tenaga kerja, kemiskinan, Analisis Path.

ABSTRACT

Research object is North Sulawesi Provincial Government with the title or “Analysys of Total Employment, Education Level, The Government Expenditure on Economic Growth And It’s Impact on Poverty in North Sulawesi Provincial in 2001-2010â€. The main purpose of this study was to analyze the influence of the labor force, education level, government spending on economic growth and its impact on poverty in North Sulawesi. As the data used in this study is the author of secondary data of type time series since 2001 to 2010 obtained from the Central Statistics Agency of North Sulawesi. The method used in this study is Path Analysis. The analysis showed that the variable labor, government spending and education level of poverty is positive and significant impact on economic growth in the province of North Sulawesi. Specialized in North Sulawesi Economic Growth fluctuation, which in 2006 until 2009 there is an increase of Economic Growth of each year. Where as, in 2010 there is a decrease. The increase and the decrease can be influenced by labor, education level, government spending, and poverty. The total labor force in North Sulawesi continued to rise. Similarly occurred on level of education and government spending continued to rise. In contrast to the level of poverty in which every year decline seen from the success of the work force each year suffer from rising.

 

Keywords: Economic Growth, Government Spending, Labor, Poverty, Path Analysis.

Downloads

Published

2014-05-30