Analisis Pengaruh Financial Technology Peer To Peer Lending Dan Digital Payment Terhadap Kinerja Perbankan Di Indonesia (Studi PT Bank Negara Indonesia Tbk. Tahun 2015.1-2020.4)

Authors

  • Dian Anggelina Foe EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Robby J. Kumaat EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Dennij Mandeij EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana bagaimana  pengaruh peer to peer lending terhadap Return on Equity (ROE) PT. BNI Tbk. tahun 2015-2020 2)Bagaimana pengaruh digital payment terhadap Return on Equity (ROE) PT. BNI Tbk. tahun 2015-2020? 3) bagaimana pengaruh digital P2P Lending dan digital payment terhadap Return on Equity (ROE) PT. BNI Tbk. tahun 2015-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data P2P Lending, Digital Payment dan Return on Equity bank BNI periode 2015.1-2020.4). hasil penelitian ini adalah untuk variabel P2P Lending (X1) diperoleh angka t hitung sebesar -5.351810< t tabel 1.99962 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari = 0.05 yaitu sebesar 0.0000 dengan demikian maka H1 diterima, artinya P2P Lending berpengaruh secara signifikan terhadap Return on Equity Untuk variabel Digital Payment (X2) diperoleh angka t hitung sebesar -13.13531 < t tabel sebesar 1.99962 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari = 0.05 yaitu sebesar 0.0000 dengan demikian maka H2 diterima, artinya Digital payment berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity. Nilai R2 yang dihasilkan sebesar 0.911205 atau 90.11 0%. Angka ini menjelaskan bahwa Return on Equity pada bank BNI pada periode 2015.1-2020.4 dipengaruhi oleh faktor P2P Lending (X1) dan Digital Payment (X2) sebanyak 90.11 %, sedangkan sisanya sebesar 9.89% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Fintech;  digital payment;  kinerja keuangan,peer to peer lending.

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles