Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Makanan Disekitaran Boulevard Dua, Kecamatan Tuminting, Kota Manado

Authors

  • Sandriana D. Rompis EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Amran T. Naukoko EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Irawaty Masloman EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT

Abstract

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sector perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khsusunya dalam sektor ekonomi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal usaha, lama usaha, jam berdagang, dan lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang makanan disekitaran boulevard dua di kota manado. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda (OLS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sumber data berasal dari wawancara, observasi, bahan kepustakaan. Responden sebanyak 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modal usaha dan lama usaha berpengaruh positif namun tidak siginifikan terhadap pendapatan pedagang makanan disekitaran boulevard dua kota manado, dan variabel jam kerja tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan untuk variabel lokasi usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang makanan disekitaran boulevard dua kota manado.

 

Kata kunci : Pendapatan, Modal Usaha, Lama Usaha, Jam Berdagang, Lokasi Usaha.

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles