Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Segar Paal 2 di Manado

Authors

  • Arif B. Wiyono EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Vecky A.J Masinambow EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Steeva Y.L Tumangkeng EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT

Abstract

Keberadaan pasar, khususnya yang tradisional, merupakan salah satu indikator paling nyata kegiatan ekonorni masyarakat di suatu wilayah. Pasar tradisional sejatinya memiliki keunggulan bersaing alamiah yang tidak dimiliki secara langsuhg oleh pasar modern. Lokasi yang strategis, area penjualan yang luas, keragaman barang yang lengkap, harga yang rendah, sistem tawar menawar yang menunjukkan keakraban antara penjual dan pembeli merupakan keunggulan yang dimiliki oleh pasar tradisional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modal usaha, lama usaha, usia dan pendidikan secara parsial dan seara simultan terhadap pendapatan  pendapatan pedagang pasar segar Paal 2 Manado. Penelitian ini menggunakan data hasil wawancara dengan variabel penelitian adalah pendapatan, modal usaha, lama usaha, usia dan tingkat pendidikan yang kemudian di analisis mengunakan metode regresi linier berganda. Dari hasil analisis variabel modal usaha, lama usaha, usia dan tingkat pendidikan diperoleh nilai probabilitas 0.0000 α < 0.05, maka dengan ini menujukkan bahwa variabel modal usaha, lama usaha, usia dan tingkat pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar segar Paal Dua Manado.

Kata Kunci : Pendapatan, Modal Usaha, Lama Usaha, Usia, Tingkat Pendidikan.

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles