Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia Dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Tingkat Kemiskinan Di kabupaten Tapanuli Utara

Authors

  • Ronauli Simbolon EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Tri Oldy Rotinsulu EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT
  • Jacline I. Sumual EKONOMI PEMBANGUNAN-FEB-UNSRAT

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah dalam pembangunan ekonomi. Tinggi rendahnya tingkat kemiskinan dalam satu wilayah berkaitan erat dengan keberhasilan pembangunan ekonomi di wilayah tersebut. Hal ini berarti pemerintah daerah harus mampu untuk mengurangi tingkat kemiskinan dalam setiap periode pembangunan. Kemiskinan ini merupakan permasalahan yang hampir dihadapi setiap negara didunia, terdapat banyak variabel yang dapat mempengaruhi kemiskinan diantaranya merupakan Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel tersebut pada Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Tapanuli Utara, sedangkan Jumlah Penduduk secara parsial memiliki tanda negatif tetapi secara statistik berpengaruh, IPM secara parsial memiliki tanda negatif secara statistik pengaruh terhadap Tingkat Kemiskinan, dan TPT secara parsial berpengaruh terhadap Tingkat Kemiskinan. PDRB, Jumlah Penduduk, IPM Dan TPT secara simultan berpengaruh positif terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Tapanuli Utara.

Kata kunci : Produk Domestik Regional Bruto (PDRB); Jumlah Penduduk; Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ; Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)

Downloads

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles