ANALISIS POTENSI PEREKONOMIAN DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Maxthasen Tampilang
  • Rosalina Koleangan
  • Patrick Wauran

Abstract

ABSTRAK

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menandakan bahwa suatu daerah memiliki kesejahteraan masyarakat yang baik.PDRB didefinisikan sebagai jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu wilayah.Dimana tingkat PDRB dapat menggambarkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi potensi perekonomian, perubahan dan pergeseran sektor, sektor basis, pertumbuhan wilayah, sektor ekonomi dominan dan peluang kesempatan kerja untuk penduduk daerah Kabupaten Kepulauan Talaud.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tipologi klassen, shift share, location quotient (LQ), model rasio pertumbuhan (MRP), Overlay, dan analisis rasio penduduk pengerjaan (RPP).

Berdasarkan hasil penelitian di Kabupaten Kepulauan Talaud selama periode tahun 2008-2012, menurut analisis tipologi klassen tidak ada sektor yang masuk dalam klasifikasi kuadran I (sektor maju dan tumbuh cepat).Berdasarkan  hasil analisis sift share kesembilan sektor perekonomian mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun walaupun nilainya tidak konstan. Hasil analisis location quotient (LQ) sektor yang merupakan sektor basis yaitu sektor pertanian. Hasil analisis model rasio pertumbuhan (MRP) sektor dominan pertumbuhan adalah sektor listrik, gas dan air bersih, sektor konstruksi, sektor pengangkutan dan komunikasi, sektor keuangan real estat dan jasa perusahaan. Hasil analisis overlay tidak ada sektor potensial untuk dikembangkan berdasarkan kriteria pertumbuhan (+) dan kriteria kontribusi (+). Nilai RPP tertinggi adalah sektor pertanian.

 

Kata Kunci : Klasifikasi potensi perekonomian, perubahan dan pergeseran sektor, sektor basis, pertumbuhan wilayah, sektor ekonomi dominan dan peluang kesempatan kerja.

Author Biographies

Maxthasen Tampilang

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Ekonomi Pembangunan

Universitas Sam Ratulangi, Manado

Rosalina Koleangan

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Ekonomi Pembangunan

Universitas Sam Ratulangi, Manado

Patrick Wauran

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Ekonomi Pembangunan

Universitas Sam Ratulangi, Manado

Downloads

Published

2015-04-27