PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA BEBERAPA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

Authors

  • Harlin Mutiara Sendy

Abstract

ABSTRAK

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat secara umum. Perusahaan sering kali lupa akan fungsinya, seharusnya perusahaan selain berfungsi sebagai organisasi bisnis sekaligus juga berfungsi sebagai organisasi sosial. Perusahaan yang hanya berorientasi bisnis akan menghadapi tantangan karena baik secara langsung atau pun tidak langsung harus berinteraksi dengan lingkungan sosialnya mulai dari input, proses hingga output. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis mengenai pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap tingkat laba perusahaan. Objek penelitian adalah 7 perusahaan manufaktur dengan periode 2009-2013. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan secara statik terhadap tingkat laba perusahaan pada beberapa perusahaan yang terdaftar di BEI. Besarnya pengaruh CSR terhadap tingkat laba perusahaan adalah 13%.

 

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Laba Perusahaan, Return on Equity (ROE)

Author Biography

Harlin Mutiara Sendy

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,

Universitas Sam Ratulangi, Manado, 95115, Indonesia

Downloads

Published

2015-11-03