ANALISIS DIFFERENTIAL COST DAN SUNK COST DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI ATAU MEMPERBAIKI AKTIVA TETAP PADA PT. FORTUNA INTI ALAM

Authors

  • Nikita Eunike Ponto

Abstract

ABSTRAK

Differential Cost adalah biaya masa depan yang dapat diperguanakan dalam pengambilan keputusan pada masing- masing alternatif suatu perusahaan, sedangkan Sunk cost adalah biaya yang tidak dapat diubah oleh keputusan sekarang maupun keputusan di masa mendatang, maka biaya ini bukan merupakan biaya diferensial. Sunk cost cenderung tidak diperhatikan oleh manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis differential cost dan sunk cost terhadap pengambilan keputusan pada penggantian aktiva tetap.

Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data perusahaan, dan menganalisa data yang dikumpulkan serta memberi keterangan-keterangan yang dihadapi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan differential cost dan ditambahkan dengan sunk cost sebagai salah satu komponen suatu biaya.

Berdasarkan hasil penelitian, pada  PT. Fortuna Inti Alam kita dapat menerapkan konsep differential cost dan sunk cost dalam pengambilan keputusan, karena kedua perhitungan biaya tersebut bermanfaat untuk menghindari pengeluaran biaya yang dapat merugikan perusahaan. Hasil analisis mendapatkan selisih Rp 34.150.000 antara kedua keputusan yang hendak diambil oleh perusahaan, analisis tersebut didasarkan pada penerapan differential cost dan juga sunk cost. Berdasarkan hasil analisis, perbaikan aktiva tetap dapat meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan perusahaan.

 

Kata kunci: differential cost, sunk cost, penggantian aktiva tetap.

Author Biography

Nikita Eunike Ponto

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis,

Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Downloads

Published

2015-11-03