ANALISIS KINERJA BELANJA DAERAH DALAM LAPORAN REALISASI ANGGARAN PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH DI KOTA KOTAMOBAGU

Authors

  • Harry Al Makka

Abstract

ABSTRAK

Laporan Realisasi Anggaran (LRA) yang dipublikasikan pemerintah daerah memberikan informasi yang sangat bermanfaat untuk menilai kinerja keuangan daerah. Oleh karena itu LRA menjadi salah satu laporan pertanggungjawaban keuangan daerah yang utama. Berdasarkan LRA tersebut pembaca laporan dapat membuat analisis kinerja laporan keuangan berupa analisis pendapatan, analisis belanja, dan analisis pembiayaan. Belanja dalam Laporan Realisasi Anggaran merupakan komponen penting. Belanja daerah mencerminkan kebijakan pemerintah daerah dan arah pembangunan daerah. Belanja adalah penurunan aktiva dan atau kenaikan utang yang digunakan untuk berbagai kegiatan dalam satu periode akuntansi. Objek penelitian yaitu Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah di Kota Kotamobagu. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kinerja belanja dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA) pada Dinas PPKAD. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara membuat deskripsi permasalahan yang telah diidentifikasi.

Dari hasil analisis yang terdiri dari analisis varians belanja, analisis pertumbuhan belanja, analisis keserasian, dimana pada analisis keserasaian dilakukan analisis belanja operasi terhadap total belanja, analisis belanja modal terhadap total belanja, dan rasio efisiensi belanja, diketahui bahwa kinerja belanja terhadap.

Author Biography

Harry Al Makka

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Universitas Sam Ratulangi Manado

Downloads

Published

2015-11-03