SEJARAH PERKEMBANGAN KELURAHAN TARATARA DUA KECAMATAN TOMOHON BARAT KOTA TOMOHON TAHUN 1978-2014

Authors

  • PRITY V. GAGALANG

Abstract

ABSTRAK

Penulisan ini mengambil topik tentang SejarahPerkembangan Kelurahan Taratara Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon Tahun 1978-2014 . Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu: heuristik, kritik analisa, interpretasi, dan tahap terakhir ialah historiografi. Selain penulis menggunakan metode sejarah, dalam hal ini penulis juga menggunakan ilmu sosial sebagai alat bantu untuk memungkinkan penganalisaan dan penginterpretasian yang lebih tajam untuk menjawab apa yang menjadi masalah dalam suatu penulisan.

Taratara dua merupakan Kelurahan yang cukup berkembang. Karena awal masuk serta menetapnya masyarakat Sarongsong-Toumuung dan mendirikan desa bahkan sampai saat ini menjadi kelurahan, merupakan suatu alasan bagi penulis untuk menulis sejarah perkembangannya.

Melakukan identifikasi dan penelitian, penulis mendapat kesimpulan Kelurahan Taratara Dua awalnya adalah wilayah perkebunan. Kemudian masuk sejumlah Tonaas (pimpinan adat) yang berasal dari Sarongsong-Toumuung dan tinggal di wilayah ini.

Perkembangan selanjutnya pada bidang Ekonomi, Pendidikan, Pemerintahan dan Adat Istiadat.

 


Kata Kunci : Perkembangan, Desa/Kelurahan, Taratara Dua, Tomohon, 1978-2014

Downloads

Published

2015-08-06

Issue

Section

Articles