Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum tentang Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Advent Manado
Abstract
Rumah sakit adalah institusi pelayanankesehatan yang menyelenggarakan pelayanankesehatan perorangan secara paripurna. Rumah sakitdiharapkan harus selalu meningkatkanpelayanannya, menerapkan prinsip keselamatanpasien, bersikap profesional, dilandasi perbaikanmutu pelayanan secara berkesinambungan, sertaadanya manajemen pemasaran yang aktif. Dalamsetiap pemasaran di rumah sakit perlu dipahamibauran pemasaran jasa. Bauran pemasarandiharapkan dapat meningkatkan perceived qualitykonsumen. Tujuan yang akan dicapai dari penelitianini adalah mengetahui hubungan antara persepsibauran pemasaran jasa dengan loyalitas pasien rawatjalan di Rumah Sakit Advent Manado. Penelitian inimerupakan penelitian survei analitik. Penelitian inidilaksanakan di unit rawat jalan Rumah SakitAdvent Manado, pada bulan September sampaiDesember 2014. Sampel pada penelitian yaitupasien rawat jalan Rumah Sakit Advent Manadoyang berkunjung sejak 4 bulan terakhir. Bauranpemasaran jasa produk, harga, tampat, promosi,petugas, proses dan bukti fisik adalah variable bebassedangkan loyalitas pasien adalah variabel terikat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubunganantara bauran pemasaran jasa produk, harga, tempat,promosi dan bukti fisik dengan loyaltas pasiensedangkan bauran pemasaran jasa petugas, prosestidak ada hubungan yang signifikan.Downloads
Published
2015-03-03
Issue
Section
Volume 5 No.1 Januari 2015