Perencanaan Strategis Unit Medical Check Up Rumah Sakit Advent Manado Tahun 2014
Abstract
Dalam rangka mempertahankan kesehatan yangtidak ternilai harganya, diperlukan suatu upayapencegahan penyakit. Tindakan mendeteksipenyakit yang mungkin timbul merupakan hal yangamat penting, karena tidak semua penyakit datangdengan gejala yang jelas dan seringkali ditemukansecara tidak sengaja pada saat pemeriksaankesehatan. Dengan menyadari hal itu, Rumah SakitAdvent Manado menyelenggarakan pelayananMedical Check Up (MCU) untuk mendeteksi diniberbagai penyakit sehingga mencegah komplikasi yang dapat ditimbulkan. Medical Check Up rumahsakit perlu ditingkatkan dan dikembangkan melaluiperencanaan strategis yang ungul agar jumlahpeserta MCU semakin meningkat sehingga mampumeningkatkan pendapatan Rumah Sakit. Tujuanyang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untukmenyusun perencanaan strategis pada unit MedicalCheck Up Rumah Sakit Advent Manado. Penelitianini menggunakan metode kualitatif yang bertujuanuntuk mendapatkan informasi yang lebihmendalam tentang perencanaan strategis unitmedical check up Rumah Sakit Advent Manado.Penelitian dilaksanakan di unit medical check upRumah Sakit Advent Manado. Waktu pelaksanaanmulai bulan September sampai Desember 2014.Informan yaitu 8 (delapan) orang yang terlibatlangsung maupun tidak langsung dalampelaksanaan medical check up, antara lain DirekturRumah Sakit, Wakil Direktur Pelayanan Medis,Kepala Bidang Pelayanan Medis, Kepala InstalasiRawat Jalan, Kepala Bidang Pemasaran, DokterSpesialis, Dokter Umum, Perawat pelaksanamedical check up di instalasi rawat jalan RSAdvent Manado. Strategi market developmentsecara umum dapat dilakukan dengan membentukunit pemasaran. Product development artinyamengembangkan produk yang ada ataumemperluas jalur produk sekarang.  Kata kunci:  Product Development, MarketDevelopment, Medical Check UpDownloads
Published
2015-03-03
Issue
Section
Volume 5 No.1 Januari 2015