Analisis Hubungan Antara Promosi, Citra Merek Dan Lokasi Dengan Pemanfaatan Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Bethesda GMIM Tomohon
Abstract
Pada dasarnya rumah sakit didirikan untuk menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Tuntutan kebutuhan kesehatan masyarakat dijawab dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan yang mereka lakukan. Menurut teori utilization, proses pemanfaatan pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh komponen predisposing, komponen enabling dan komponen need. Salah satu tuntutan masyarakat adalah kesehatan gigi dan mulut dimana merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan pada umumnya. Banyak masyarakat kita enggan memeriksa kesehatan giginya dan memanfaatkan pelayanan poliklinik gigi, bahkan tidak sedikit pula yang takut berobat ke dokter gigi. Fenomena ini yang menjadi dasar permasalahan penelitian ini dilakukan dan bertujuan untuk menganalisis hubungan antara promosi, citra merek dan lokasi dengan pemanfaatan poliklinik gigi dan mulut Rumah sakit Umum Bethesda GMIM Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang diteliti meliputi promosi, citra merek dan lokasi sebagai variabel bebas sedangkan variabel pemanfaatan poliklinik gigi dan mulut adalah variabel terikat. Jumlah sampel penelitian yang diambil sebanyak 90 orang, yaitu pasien yang datang berkunjung di poliklinik gigi dan mulut Rumah Sakit Umum Bethesda GMIM Tomohon. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Data primer diperoleh dari responden melalui kuesioner dan data sekunder dari medical record dan register poliklinik gigi dan mulut Rumah Sakit Umum Bethesda GMIM Tomohon. Analisis data dengan Uji Chi-Square dan Uji regresi logistik digunakan untuk menentukan variabel yang paling dominan erat hubungannya dengan pemanfaatan poliklinik gigi dan mulut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara promosi dan dengan pemanfaatan poliklinik gigi dan mulut.
Â
Kata Kunci : Promosi, Lokasi, Citra Merek, Pemanfaatan Poliklinik Gigi dan Mulut.