Analisis Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Bedah RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Authors

  • Toar W. J. Hatibie

Abstract

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan tujuan pelayanan dari setiap rumah sakit. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di instalasi rawat jalan bedah di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado ialah bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (emphaty). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan bedah yang pernah berobat di Instalasi Rawat Jalan Bedah selama periode Oktober 2013 sampai dengan Oktober 2014. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling menggunakan kuesioner yang sudah di Uji Validitas dan Reabilitasnya. Data yang didapat selanjutnya dilakukan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan Uji Regresi Linier Berganda pada α=5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari variabel bukti fisik (nilai p = 0,020), kehandalan (nilai p = 0,006), dan perhatian (nilai p = 0,000) dengan kepuasan pasien. Penelitian juga menunjukkan tidak ada hubungan antara Variabel daya tanggap (nilai p = 0,109) dan jaminan (nilai p = 0,335) dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis multivariat didapatkan bahwa perhatian (emphaty) merupakan variabel yang dominan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Bedah RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado (OR = 4,935, 95% CI : 1,902-12,805).

 

Kata kunci:      Kepuasan Pasien, Rawat Jalan Bedah.

 

 

 

Abstract

Patient satifaction is the main objective of every hospital in delivering their service. Factors that affect patient satisfaction in outpatient surgical installation in General Hospital Prof. Dr RD Kandou Manado is tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphaty. This study uses quantitative methods with Cross Sectional Study. The population of this study were all outpatient surgical treatment in the Installation ever Outpatient Surgery during the period October 2013 to October 2014. Sampling techniques in this study conducted by purposive sampling method using a questionnaire that is already pass in validity test and reliability test. The data obtained is then performed univariate, bivariate and multivariate Regression Test at α = 5%.

The results showed that there was a significant correlation of physical evidence variable (p value = 0.020), reliability (p = 0.006), and attention (p = 0.000) with patient satisfaction. Research also shows there is no correlation between the variable responsiveness (p = 0.109) and assurance (p = 0.335) with patient satisfaction. Based on the results of multivariate analysis showed that empathy is the dominant variable to satisfaction of patients in the Outpatient Surgical Hospital Installation Prof. Dr. RD Kandou Manado (OR = 4.935, 95% CI: 1.902 to 12.805).

Keyword:           Patient Satisfaction, Outpatient Surgery.

 

Downloads