Analisis Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Anggrek RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Authors

  • Charles B. Turangan

Abstract

Abstrak

Paradigma baru pelayanan kesehatan mensyaratkan rumah sakit memberikan pelayanan berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien dengan tetap mengacu pada kode etik profesi dan medis. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Anggrek di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado ialah bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (emphaty).  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan potong lintang. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat Inap Anggrek yang pernah dirawat di Instalasi Rawat Inap Anggrek selama periode Oktober 2013 sampai dengan Oktober 2014. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling menggunakan kuesioner yang sudah di Uji Validitas dan Reabilitasnya. Data yang didapat selanjutnya dilakukan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan Uji Regresi Linier Berganda pada α=5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari variabel kehandalan (nilai p = 0,003), daya tanggap (nilai p = 0,036), jaminan (nilai p = 0,000) dan perhatian (nilai p = 0,000) dengan kepuasan pasien. Penelitian juga menunjukkan tidak ada hubungan antara Variabel bukti fisik (nilai p = 0,297) dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis multivariat didapatkan bahwa jaminan (assurance) merupakan variabel yang dominan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Anggrek RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado (OR = 9,783, 95% CI : 3,010-31,793).

 

Kata kunci:      Kepuasan Pasien, Kualitas Layanan

 

 

Abstract

The new paradigm of health care requires hospitals provide quality services according to the needs and wishes of the patient with reference to the code of professional conduct and medical. Factors that affect patient satisfaction in Anggrek inpatient installation in General Hospital Prof. Dr RD Kandou Manado is tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphaty. This study uses quantitative methods with Cross Sectional Study. The population of this study were all inpatient treatment in the Inpatient Installation Anggrek during the period October 2013 to October 2014. Sampling techniques in this study conducted by purposive sampling method using a questionnaire that is already pass in validity test and reliability test. The data obtained is then performed univariate, bivariate and multivariate Regression Test at α = 5%.

The results showed that significant correlation of variable reliability (p = 0.003), responsiveness (p = 0.036), assurance (p = 0.000) and attention (p = 0.000) with patient satisfaction. Research also shows there is no correlation between the variables of physical evidence (p = 0.297) with patient satisfaction. Based on the results of multivariate analysis showed that assurance is the dominant variable to satisfaction of patients in the Anggrek Inpatient Installation of RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado (OR = 9.783, 95% CI: 3.010 to 31.793).

Keyword:           Patient Satisfaction, Service Quality.

Downloads