Pemanfaatan Posyandu Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Teling Atas Kota Manado

Authors

  • Viena Vicktoria Mengko

Abstract

TOLONG DIUBAH, kalimat atau paragraf yang dibuat tanpa sumber itu berarti si penulis mengklaim bahwa itu adalah buatan sendiri. tapi di artikel yang dimasukan ke bagian online ditemukan ada kalimat atau paragraf tanpa sumber dimiliki/sudah dimuat dalam penelitian atau sumber yang lain, hal ini masuk dalam kategori plagiat. jadi tolong cek kalimat/paragraf tanpa menyertakan sumber itu apakah benar-benar tulisan sendiri atau milik orang lain, jika sudah diperbaiki dan yakin tidak ada yang salah, silakan email ke ikmunsrat@gmail.com, file artikel kedua tidak akan kami infokan jika ada pl;agiat dan akan langsung diserahkan kepada Kaprodi. Kami akan mengupload perbaikannya dalam 1x24 setelah file diterima. Terima kasih.

TOLONG PERHATIKAN = Ada sumber yang dicantumkan diisi artikel tapi didaftar pustaka tidak ada

Abstrak

Dampak dari peningkatan jumlah lansia antara lain masalah penyakit degeneratif akan sering menyertai para lanjut usia yang bersifat kronis dan multipatologis, dalam penanganannya memerlukan waktu cukup lama dan biaya besar. Menghadapi kondisi demikian perlu pengkajian masalah-masalah lanjut usia yang lebih mendasar dan sesuai dengan kebutuhan, secara alami bertambahnya usia akan menyebabkan terjadinya perubahan degeneratif dengan manifestasi beberapa penyakit seperti hipertensi, kelainan jantung, penyakit diabetes melitus, kanker rahim/prostat, osteoporosis dan lain-lain. Meskipun  lanjut usia bukan suatu penyakit, namun bersamaan dengan proses penuaan, insiden penyakit kronik dan ketidakmampuan akan semakin meningkat. Adapun untuk mengatasi masalah kesehatan lansia tersebut, perlu upaya pembinaan kelompok lanjut usia melalui puskesmas yang mencakup kegiatan promotif, preventif dan rehabilitative. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan posyandu lansia Teling Atas Kota Manado. Jenis penelitian ini ialah survey analitik dengan pendekatan corss sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2014 hingga Maret 2015 di Puskesmas Teling Atas Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga, pengetahuan lansia, sikap lansia dan peran kader dengan pemanfaatan posyandu lansia Teling Atas Kota Manado.

 

Kata kunci:  Dukunga Keluarga, Pengetahuan, Sikap, Peran Kader, Pemanfaatan

Abstract

The impact of the increase in the number of elderly among other issues degenerative disease will often accompany the elderly are chronic and multipatologis, handling and takes a long time and great expense. Facing such conditions need to study the problems of the elderly are more fundamental and according to the need, naturally age will lead to degenerative changes to the manifestation of several diseases such as hypertension, heart defects, diabetes mellitus, cancer of the uterus / prostate, osteoporosis and so on other. Although aging is not a disease, but along with aging, the incidence of chronic disease and incapacity will increase. As for addressing the health problems of the elderly, need development efforts through a group of elderly health centers that include activities promotive, preventive and rehabilitative. The objectives to be achieved from this study was to determine the factors associated with the utilization of Posyandu elderly Teling Over Manado. This type of research is to survey corss sectional analytic approach. The research was conducted in December 2014 until March 2015 in PHC Teling Upper Manado. The results showed that there is a relationship between family support, elderly knowledge, attitude the elderly and role of cadre with utilization of Posyandu Teling Over Manado.

Keyword:              Family Support, Elderly Knowledge, Attitude The Elderly, Role Of Cadre, Utilization.

Downloads