Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R. D. Kandou Malalayang – Manado

Authors

  • Stefanus J. Tulumang

Abstract

TOLONG DIUBAH, kalimat atau paragraf yang dibuat tanpa sumber itu berarti si penulis mengklaim bahwa itu adalah buatan sendiri. tapi di artikel yang dimasukan ke bagian online ditemukan ada kalimat atau paragraf tanpa sumber dimiliki/sudah dimuat dalam penelitian atau sumber yang lain, hal ini masuk dalam kategori plagiat. jadi tolong cek kalimat/paragraf tanpa menyertakan sumber itu apakah benar-benar tulisan sendiri atau milik orang lain, jika sudah diperbaiki dan yakin tidak ada yang salah, silakan email ke ikmunsrat@gmail.com, file artikel kedua tidak akan kami infokan jika ada pl;agiat dan akan langsung diserahkan kepada Kaprodi. Kami akan mengupload perbaikannya dalam 1x24 setelah file diterima. Terima kasih.

 

Abstrak

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan perorangan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Rumah sakit yang awalnya lebih banyak merupakan suatu unit pelayanan publik yang bersifat sosial kemanusiaan telah mengalami transformasi (perubahan) serta berkembang menjadi suatu industri berbasis pada prinsip – prinnsip ekonomi dan manajemen layaknya usaha komersil. Namun, yang terpenting dalam industri jasa kesehatan (rumah sakit) adalah kualitas pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit kepada pasien. Jenis penelitian adalah survei analitik dengan desain Cross Sectional. Data primer dikumpulkan dengan melakukan wawancara secara langsung kepada pasien. Untuk melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara bukti langsung, kehandalan, daya tanggap dan empati dengan kepuasan pasien.

.

Kata kunci:  Pelayanan Rawat Jalan, Kepuasan Pasien.

 

Abstract

Hospital as one of the individual health care facilities are part of the health resources that are indispensable in support of health efforts. Hospitals were initially more a public service unit of a social nature of humanity has undergone a transformation (change) and developed into an industry based on the principle - economics and management prinnsip like commercial businesses. However, the most important in the health services industry (hospital) is the quality of services provided by the hospital to the patient. This type of research is analytic survey with cross sectional design. Primary data was collected by conducting interviews directly to the patient. To see the relationship between independent variables and the dependent variable using Chi-square test. The results showed no relationship between direct evidence, reliability, responsiveness and empathy with patient satisfaction..

Keyword:  Outpatients Services, Patients Satisfaction.

Downloads