Hubungan antara Pengetahuan, Pendapatan Keluarga dan Kebiasaan Makan Kariogenik dengan Kejadian Karies Gigi Siswa Kelas V dan VI pada Sekolah Dasar di Tuminting

Authors

  • Yosua Randa

Abstract

Tingginya angka karies gigi di Indonesia terutama anak sekolah dasar disebabkan oleh banyak faktor seperti kegemaran anak yang sering makan makanan yang lengket dan manis, ketidaktahuan anak tentang cara menyikat gigi yang benar, kurangnya pemahaman dan pengetahuan anak tentang kesehatan gigi dan mulut, kurangnya perhatian dari orang tua tentang kesehatan gigi dan mulut anak serta kurangnya perhatian pemerintah khususnya petugas kesehatan dalam mencegah terjadinya karies gigi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, pendapatan keluarga dan kebiasaan makan kariogenik dengan kejadian karies gigi (indeks DMF-T) pada siswa kelas V dan VI pada sekolah dasar di Tuminting. Jenis penelitian ini ialah penelitian dengan rancangan cross sectional study. Sampel dalam penelitian adalah siswa SD kelas V dan VI yang berumur 10-12 tahun sebanyak 83 siswa. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dan uji regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, pendapatan keluarga dan kebiasaan makan kariogenik berhubungan dengan kejadian karies gigi (indeks DMF-T). Variabel yang dominan berpengaruh terhadap indeks DMF-T adalah pengetahuan.

Kata kunci:  Pengetahuan, Pendapatan Keluarga, Kebiasaan Makan Kariogenik, Indeks DMF-T.

Abstract

The high number of dental caries in Indonesia especially primary school children is caused by many factors such as the craze children who often eat food that is sticky and sweet, child ignorance about the correct way of brushing teeth, lack of understanding and knowledge of children about oral health, lack of attention from people parents about the oral health of children and the lack of government attention, especially health care workers in preventing dental caries. The aim of this study was to determine the relationship between knowledge, family income and cariogenic eating habits with dental caries experience (DMF-T index) in class V and VI in primary schools in Tuminting. This type of research is research with cross sectional study. Samples were students of grade V and VI were aged 10-12 years as many as 83 students. Data analysis using Chi-square test and logistic regression. The results showed that knowledge, family income and cariogenic eating habits associated with the incidence of dental caries (DMF-T index). Dominant variable influence on the index DMF-T is knowledge.

Keyword:   Knowledge, Family Income, Cariogenic Eating Habits, DMF-T Index.