HUBUNGAN PENGGUNAAN EARPHONE DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN PADA SISWA SMA NEGERI 9 MANADO

Authors

  • Nizra Ayu Sarah
  • Fransiska Lintong Bagian Fisika Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi
  • Jimmy F Rumampuk Bagian Fisika Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Abstract:

Introduction: A research of American Speech and Hearing Association obtained high school students who use their audio devices in longer periode with higher volume have been reported they have hearing disorder symptoms more than adults. The purpose of this research is to know the correlation of the use of earphone with hearing disorder in students at 9 High School Manado.  Methods: This research method is a kind of analytical research, using cross sectional approach. Population taken all special natural science students grade eleven school year 2016/2017. Number of sample is 30, sampling with purposive sampling technique based on the needs of researcher.  Results: Results obtained are the result of analysis in the form of frequency of the use of earphone in a day (p=0,366), duration of the use of earphone in a day (p=0,483), volume of the use of earphone (p=0,483), complaints of sore ears after using earphone (p=1,000), and history of ear disease (p=0,067). Conclusion: there was no correlation of the use of earphone with hearing disorder in students at 9 High School Manado.

Keywords: Hearing Disorder, Earphone

 

Abstrak:

Latar Belakang: Sebuah penelitian dari American Speech and Hearing Association menyatakan bahwa siswa sekolah menengah atas menggunakan perangkat audio mereka dalam periode yang lebih lama dengan volume yang lebih tinggi, dilaporkan memiliki gejala gangguan pendengaran yang lebih banyak dibandingkan dewasa. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan earphone dengan gangguan pendengaran pada siswa SMA Negeri 9 Manado. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik, dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil semua siswa binaan khusus SMA Negeri 9 Manado kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  tahun ajaran 2016/2017. Jumlah sampel adalah 30 orang, penentuan sampel dengan teknik purposive sampling berdasarkan kebutuhan peneliti. Hasil: yang diperoleh adalah hasil analisa berupa frekuensi penggunaan earphone dalam sehari (p=0,366), durasi penggunaan earphone dalam sehari (p=0,483), volume penggunaan earphone (p=0,483), keluhan sakit telinga setelah menggunakan earphone (p=1,000), dan riwayat penyakit telinga (p=0,067). Kesimpulan: dari hasil penelitian ini tidak terdapat hubungan penggunaan earphone dengan gangguan pendengaran pada siswa SMA Negeri 9 Manado.

Kata Kunci: Gangguan Pendengaran, Earphone

Downloads

Published

2016-12-20