HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUANG HANA RSU PANCARAN KASIH GMIM MANADO

Authors

  • Tungkagi Caroline Easter
  • Mona Wowor
  • Linnie Pondaag

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14893

Abstract

Abstract : Nursing service and the satisfaction of the patients are the two things that closely related and can’t be separated from each other because the method that being delivered by the nurses would directly impact the patients. The General Hospital Center (RSU) Pancaran Kasih GMIM Manado is a hospital that also giving a service for some people that has the BPJS Card, so that the evaluation about the nursing service and the satisfaction of the inpatients are need to be done. Purpose of the Research To find the correlation between the nursing service and the satisfaction of the BPJS inpatients in Hana room at The General Hospital Center (RSU) Pancaran Kasih GMIM Manado. Research Method that has been used in this research is descriptive analytic, the research design is by using cross sectional study. This research has been made in the Hana inpatients room on December 2016 at the The General Hospital Center (RSU) Pancaran Kasih GMIM Manado with the 84 number of sample Sampling Technique is by using simple random sampling method Research instrument, is by using Questionnaire. Data analysis is by using Chi-square statistic test with the level of significance (α) = 0,05 with the outcome Chi-square Count 47,296 with P-value 0,000. Conclusion there is a correlation between the nursing service and the satisfaction of the BPJS inpatients in Hana room at The General Hospital Center (RSU) Pancaran Kasih GMIM Manado. Keyword: Nursing Service, Patients Satisfaction Abstrak : Pelayanan keperawatan sangat berhubungan erat dengan kepuasan pasien karena dari cara perawat memberikan pelayanan keperawatan akan berdampak langsung terhadap pasien. RSU Pancaran Kasih GMIM Manado adalah rumah sakit yang melayani pasien BPJS, sehingga perlu dilakuakn evaluasi terhadap pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap. Tujuan Penelitian Mengetahui hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap di ruangan Hana RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Metode Penelitian yang digunaka pada penelitian ini yang bersifat deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional study. Penelitian ini telah dilakukan di ruang rawat inap Hana pada bulan Desember 2016 di RSU Pancaran Kasih GMIM Manado, dengan jumlah sampel 84. Teknik Pengambilan Sampel yaitu dilakukan menggunakan metode simple random sampling. Instrument Penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan (α) = 0,05 yang menunjukkan hasil Chi-Square Hitung 47,296 dengan P-value 0,000. Kesimpulan Ada hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap di ruangan Hana RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Kata Kunci : Pelayanan keperawatan, Kepuasan pasien

Downloads

Published

2017-01-25

How to Cite

Easter, T. C., Wowor, M., & Pondaag, L. (2017). HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUANG HANA RSU PANCARAN KASIH GMIM MANADO. JURNAL KEPERAWATAN, 5(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14893