HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMA N 2 RATAHAN

Authors

  • Amelia Andrita Alika Rondo
  • Herlina I. S. Wungouw
  • Franly Onibala

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24324

Abstract

that is of particular concern at this time is aggressive behavior and has become a universal
problem, and lately it tends to increase, one of the causes is the influence from the
environment such as Online Game addiction. The purpose of this study is to know
relationship between Online Game Addiction and Aggressive Behavior in students at SMA
Negeri 2 Ratahan. The method of this study uses cross sectional study design. The sample
of this study amounted to 78 students with total sampling method. The Results of this
study, out of 78 nurses most of them were had uncontrolled onlie game addiction (76.9%)
and aggressive behavior (57.7%) by using the chi-square test at significance level of 95%,
it was found that p-value was 0.035 smaller than significant value of 0.05. In conclusion
of this study, there is a relationship between Online Game Addiction and Aggressive
Behavior in students at SMA Negeri 2 Ratahan.
Keywords: Online Game Addiction, Aggressive Behavior, Students.
Abstrak : Perilaku anak selalu menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan. Salah
satu perilaku anak yang menjadi perhatian khusus saat ini adalah perilaku agresif dan
sudah menjadi masalah yang universal, dan akhir-akhir ini cenderung semakin meningkat
salah satu penyebabnya ialah pengaruh dari unsur lingkungan seperti kecanduan Game
Online.Tujuan studi ini untuk mengetahui hubungan antara Kecanduan Game Online
dengan Perilaku Agresif pada siswa di SMA N 2 Ratahan. Metode studi ini menggunakan
desain penelitian cross-sectional. Sampel studi ini berjumlah 78 siswa dengan metode
pengambilan sampel Total Sampling. Hasil dari penelitian ini, didapatkan dari 78 Siswa
yang diteliti sebagian besar memiliki kecanduan game onlie yang tidak terkontrol (76,9%)
dan berperilaku agresif (57,7%), dengan menggunakan uji chi-square pada tingkat
kemaknaan 95%, didapat bahwa nilai p-value adalah 0,035 lebih kecil dari nilai signfikan
0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara Kecanduan Game
Online Perilaku Agresif pada siswa di SMA N 2 Ratahan.
Kata Kunci : Kecanduan Game Online, Perilaku Agresif, Siswa

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Rondo, A. A. A., Wungouw, H. I. S., & Onibala, F. (2019). HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMA N 2 RATAHAN. JURNAL KEPERAWATAN, 7(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24324