PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN DI RSUD TOBELO

Authors

  • Vivia Ozora Bitjoli
  • Odi Pinontoan
  • Andi Buanasari

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24353

Abstract

Abstrack :Patient satisfaction level is considered as one of the very important dimension and is one
of the main indicators of the standard of a health facility which is due to the influence of health care
on the hospital and it is this which makes the measurement of patient satisfaction is an important
component.The purpose of this study was to determine the differences between patient satisfaction
level on BPJS and Non BPJS users over registration services in Tobelo hospitals. This research
method using cross sectional design. The sampling technique used consecutive sampling technique
with a total sample of 136 respondents. methods of data collection using questionnaires satisfaction
level of service at the place of registration to measure the level of patient satisfaction BPJS and Non
BPJS and statistical test using chi square test. The researchresults can be p-value of 0.000 (≤ α =
0.05), which means there are significant differences. Conclusion there are differences between the
level of patient satisfaction level on BPJS and Non BPJS users over registration services in Tobelo
hospitals.
Keywords: Enrollment Services, BPJS patient and the Non BPJS, Satisfaction
Abstrak : Tingkat kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting dan
merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat
pengaruh pelayanan kesehatan atas pihak rumah sakit dan hal inilah yang membuat pengukuran
kepuasan pasien menjadi komponen penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan pendaftaran di RSUD
Tobelo. Metodepenelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 136 responden. metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat kepuasan pelayanan di tempat pendaftaran untuk
mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS dan uji statistic menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian di dapat nilai p-value sebesar 0,000 (≤ α = 0,05) yang berarti ada perbedaan yang
signifikan. Kesimpulan ada perbedaan antara tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap
pelayanan pendaftaran di RSUD Tobelo.
Kata kunci : Pelayanan Pendaftaran, pasien BPJS dan Non BPJS, Tingkat Kepuasan

Downloads

Published

2019-05-02

How to Cite

Bitjoli, V. O., Pinontoan, O., & Buanasari, A. (2019). PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN DI RSUD TOBELO. JURNAL KEPERAWATAN, 7(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24353