HUBUNGAN KEBIASAAN MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Authors

  • Andre Ratuela
  • Hendro Bidjuni
  • Sefti Rompas

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v8i1.28416

Abstract

Abstract: Aggressive behavior is a physical or psychological action that is intentionally carried out to hurt another child, such as hitting, pushing, fighting, humiliating, insulting, spreading false or excusing issues. Violence is one of the issues affecting the practice of early childhood education. Purpose: To determine the relationship between the habit of watching violence on television and aggressive behavior in pre-school children. Method : this study used Descriptive analytic with cross sectional study  approach. 32 respondents of pre-school children participate in this study used total sampling technique. Data collection method used 2 quationnaire about the watching violance habbits on TV and aggressive behavior at child on pre-school. Date analysis used Spermen corelation test This. The Result of this study showed p value=0,04 with α<0,05. Conclusion: there was a relationship between watching violence on television with aggressive behavior in pre-school age children in GMIM Kindergarten Musafir Kleak. Suggestion: The results of this study recommend to provide benefits for parents in efforts to prevent the occurrence of violent behavior by children.


Keywords: Watching Habits, Violent Impressions, Aggressive Behavior.

Abstrak : Perilaku  agresif adalah  tindakan fisik atau psikologis yang secara sengaja dilakukan untuk menyakiti anak lain, seperti memukul, mendorong, berkelahi, mempermalukan, menghina, menyebarkan isu yang tidak  benar atau  mengucilkan. Kekerasan merupakan salah satu persoalan yang berpengaruh terhadap praktik pendidikan anak usia dini. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kebiasaan menonton tayangan kekerasan di televisi dan perilaku agresif pada anak pra sekolah di TK GMIM Musafir Kleak. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan teknik Deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 32 responden dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan 2 kuesioner yaitu kebiasaan menonton tayangan kekerasan di TV dan perilaku agresif pada anak pra-sekolah. Penelitian ini menggunakan uji Spearmen dan Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai p=0,04 yang berarti bahwa nilai α<0,05. Kesimpulan: Ada hubungan yang erat antara  menonton tayangan kekerasan di televisi dengan perilaku agresif pada anak usia pra sekolah di TK GMIM Musafir Kleak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi orang tua dalam upaya pencegahan terjadinya perilaku kekerasan oleh anak.

Kata Kunci: Kebiasaan Menonton, Tayangan Kekerasan, Perilaku Agresif

Downloads

Published

2020-05-15

How to Cite

Ratuela, A., Bidjuni, H., & Rompas, S. (2020). HUBUNGAN KEBIASAAN MENONTON TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH. JURNAL KEPERAWATAN, 8(1), 91–98. https://doi.org/10.35790/jkp.v8i1.28416