HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSU GMIM PANCARAN KASIH MANADO

Authors

  • Yolanda Mawikere
  • Aaltje Ellen Manampiring
  • Juwita M. Toar

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v9i1.36771

Abstract

Abstract: Nursing as a professional service is an integral part that cannot be separated from the overall health care efforts. The quality nursing service is a determining factor in the level of patient satisfaction. The high demands of the community for nursing services can be unconsciously lead to workloads for nurses. The aim of this study is finding the corelation between the workload of nurses and the level of patient satisfaction in providing nursing care in the patient ward of the RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. The design of the research was descriptive analytic with a cross sectional study approach. Samples of 42 nurses and 42 patients were obtained using a total sampling technique. The results of statistical research using the Chi-square test at a significance level of 95%, obtained a significant value Ï = 0.000 <α (0.05). There is a corelation between the workload of nurses and the level of patient satisfaction. The suggestions especially for the nurses are policy of managing health personnel, establish and firm job descriptions for each nurse in the hospital.

Keywords : workload, patient satisfaction, Nurse

Abstrak: Keperawatan sebagai bentuk pelayanan profesional merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dari upaya pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Pelayanan keperawatan yang berkualitas menjadi faktor penentu tingkat kepuasan pasien. Tuntutan yang tinggi dari masyarakat akan pelayanan keperawatan secara tidak disadari dapat menimbulkan suatu beban kerja bagi perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan beban kerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien dalam pemberian asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Desain penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampel berjumlah 42 Perawat dan 42 Pasien yang didapat dengan menggunakan tehnik Total Sampling. Hasil penelitian uji statistik menggunakan uji Chi-square pada tingkat kemaknaan 95%, didapatkan nilai signifikan Ï = 0,000 < α (0,05). Kesimpulan ada hubungan antara beban kerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Saran dalam kebijakan pengelolaan tenaga kesehatan, khususnya perawat untuk dapat menetapkan pembagian tugas yang jelas dan tegas pada tiaptiap perawat di rumah sakit.

Kata kunci : beban kerja, kepuasan pasien, Perawat

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Mawikere, Y., Manampiring, A. E., & Toar, J. M. (2021). HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PEMBERIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSU GMIM PANCARAN KASIH MANADO. JURNAL KEPERAWATAN, 9(1), 71–77. https://doi.org/10.35790/jkp.v9i1.36771