HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN DURASI WAKTU BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI MANADO

Authors

  • Phainel Jhonly Piyeke
  • Hendro Bidjuni
  • Ferdinand Wowiling

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v2i2.5221

Abstract

Abstract: Stress is a reaction or response of body to a psychosocial stressor (mental stress or load life). Adolescence constitute to a transition, where Adolescence are usually susceptible of stress, one of the way of Adolescence to move stress is to play online games. The aim of this research is to know the correlation between stress level with the duration playing online games on Adolescence in Manado. This research based on analytic survey with cross sectional method. The samples in this research was taken with an accidental sampling technique that is 66 peoples. The instrument that used was questionnaire and interview paper. The result of this research using analysis statistic Fisher's Exact Test with a significant level α = 0,05 or 95%. The result of statistic test have gained value p = 0,024 < α = 0,05. The conclusion of this research, there is a correlation between stress level with the duration playing online games on Adolescence in Manado. Keywords : Stress Level, Adolescence, Duration, Online Games Abstrak: Stres adalah reaksi atau respon tubuh terhadap stresor psikososial (tekanan mental atau beban kehidupan). Masa remaja merupakan masa transisi, masa dimana remaja rentan terhadap stres, salah satu cara remaja untuk mengalihan stres adalah dengan bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online pada remaja di Manado. Penelitian ini bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional, Sampel diambil dengan teknik pengambilan Accidental sampling yaitu sebanyak 66 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan lembar wawancara. Hasil penelitian menggunakan analisis uji statistik Fisher's Exact Test dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 atau 95%. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,024 < α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online pada remaja di Manado. Kata Kunci : Tingkat Stres, Remaja, Durasi Waktu , Game Online.

Downloads

Published

2014-08-11

How to Cite

Piyeke, P. J., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2014). HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN DURASI WAKTU BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI MANADO. JURNAL KEPERAWATAN, 2(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v2i2.5221