HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD DR. H. CHASAN BOESOIRIE TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.35790/jkp.v3i2.8086Abstract
Abstrak: Komunikasi terapeutik merupakan sarana bagi perawat dalam menjalinhubungan saling percaya dan dapat meningkatkan kepuasan pasien, sehingga
dapat meningkatkan citra yang baik untuk tenaga kesehatan khususnya profesi
keperawatan. Hubungan saling memberi dan menerima antara perawat dan pasien
dalam pelayanan keperawatan disebut sebagai komunikasi terapeutik. Tujuan
penelitian mengindentifikasi komunikasi terapeutik perawat dan kepuasaan
pasien serta menganalisis hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan
kepuasaan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie
Ternate. Sampel berjumlah 80 responden dengan menggunakan tehnik Purposive
Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif dengan
pendekatan cross sectional dan data dikumpulkan dari responden menggunakan
lembar kuesioner. Hasil penelitian uji statistik menggunakan uji chi-square pada
tingkat kemaknaan 95% (α ≤ 0,05), hasil didapatkan nilai p= 0,000 ini berarti
bahwa nilai p< α (0,05). Kesimpulan terdapat hubungan komunikasi terapeutik
perawat dengan kepuasan pasien. Rekomendasi peneliti yaitu meningkatkan
komunikasi terapeutik perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. H. Chasan
Boesoirie Ternate.
Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien.
Downloads
Published
2015-05-08
How to Cite
Aswad, S., Mulyadi, N., & Lolong, J. (2015). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD DR. H. CHASAN BOESOIRIE TERNATE. JURNAL KEPERAWATAN, 3(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v3i2.8086
Issue
Section
Articles