PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KEMBALI CAT DULUX DI DEPO KERAMIK KATAPANG BANDUNG

Authors

  • Rian Ardian Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Tiris Sudrartono Politeknik Piksi Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854

Abstract

Bauran promosi merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran. Bauran promosi adalah cara yang di tempuh oleh perusahaan dalam usaha memberi informasi tentang produk atau jasa. Minat beli kembali akan muncul Ketika konsumen merasakan adanya kepuasan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi cat Dulux Bandung, untuk mengetahui minat beli kembali cat Dulux dan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap minat beli kembali cat Dulux pada Depo Keramik Katapang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Teknik analisis yang digunakan dengan melakukan uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan Bauran promosi secara keseluruhan cukup baik dan minat beli kembali dinilai cukup tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh bauran promosi terhadap minat beli kembali cat Dulux pada Depo Keramik Katapang

Kata kunci : bauran promosi, minat beli kembali, cat dulux

 

ABSTRACT

 

Promotional mix is one part of the marketing mix. Promotional mix is the method taken by the company in an effort to provide information about products or services. Repurchase interest will appear when consumers feel the expected satisfaction. This study aims to determine the promotion mix of Dulux paint in Bandung, to determine interest in repurchasing Dulux paint and to determine the effect of the promotional mix on interest in repurchasing Dulux paint at the Katapang Ceramic Depot. The research method used is descriptive quantitative with data collection techniques through questionnaires. The number of samples used as many as 70 respondents. The analytical technique used is simple linear regression test, coefficient of determination test and hypothesis testing. The results show that the overall promotion mix is quite good and repurchase interest is considered quite high. The results of the hypothesis test show that there is an effect of the promotion mix on the interest in repurchasing Dulux paint at the Katapang Ceramic Depot

 

Keywords: promotion mix, repurchase interest, Dulux paint

References

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2013. Pemasaran. 1st ed. Jakarta: Salemba Empat.

Dharmesta, Basu Swastha. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Hendarsono, Gersom dan Sugiono Sugiharto. 2013. “Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Café Buntos 99 Sidoarjo.†Manajemen Pemasaran 1 No 2.

Karamoy, H., & Tulung, J. E. (2020). The Effect of Financial Performance and Corporate Governance To Stock Price In Non-Bank Financial Industry. Corporate Ownership & Control, 17(2), 97-103.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2016. Prinsip - Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga

.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. 12th ed. Jakarta: PT. Indeks.

Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).

Putri, Ghaisani. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran Promosi Terhadap Loyalitas Nasabah.†repository Universitas Widyatama.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Edisi pert. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis R & D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zulganef. 2008. Metode Penelitian Sosial Dan Bisnis. kesatu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-10-24

How to Cite

Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KEMBALI CAT DULUX DI DEPO KERAMIK KATAPANG BANDUNG. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854