ANALISA PENGARUH BRAND IMAGE DAN CORPORATE BRANDING TERHADAP CONSUMER CHOICE PADA UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA: BRAND EQUITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( STUDI PADA SISWA SISWI SMA KRISTEN KOTA BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44293Abstract
ABSTRACT. Brand Equity is an important factor in marketing development that affects marketing factors such as Consumers Choice. The purpose of this study is to investigate the role of Brand Image and Corporate Branding factors in Brand Equity and their impact when students make choices. This study adopted research variables and instruments from the journal "The Impact of Brand Image Corporate Branding on Consumer's Choice: The Role of Brand Equity "By Methaq AS (2016), who explained that corporate branding, brand image, and brand equity have an important role in their particular consumer choice in choosing tertiary institutions, among private high school students in the city of Bandung.
ABSTRAK. Brand Equity merupakan faktor penting dalam pembangunan marketing yang mempengaruhi faktor-faktor marketing seperti Consumers Choice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peranan faktor Brand Image dan Corporate Branding, dalam Brand Equity dan dampakya saat mahasiswa melakukan pilihan Penelitian ini mengadopsi variabel dan instrumen penelitian dari jurnal “The Impact of Brand Image Corporate Branding on Consumer’s Choice: The Role of Brand Equity” oleh Methaq A.S. (2016), yang memaparkan bahwa corporate branding, brand image, dan brand equity memiliki peran penting dalam consumer’s choice khusus nya dalam memilih perguruan tinggi, pada siswa siswi SMA Swasta di kota Bandung.
References
Aaker, D. (2011). Managing Brand Equity, Capitalyzing on The Value of a Brand Name. New York: The Press.
(2015).Aaker on Branding 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand Edisi 1.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Aihwa, C., Hsu, H.C., & Tzu, S.H. (2015). Investigating the Dual-Route Effect of Corporate Branding on Brand Equity.Asia Pasific Management Review.
Andrianto, Evan Njo.; Budiono., Herlina; dan Wiyanto., Hendra. (2018). Pengaruh Brand Image dan Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Melalui Brand Equity Sebagai Mediasi Pada Mahasiswa/I S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Conference on Management and Behavioral Studies. Jakarta.
Chang, et. all. (2009). Roadmap of Co-Branding Positions and Strategies. The Journal of American Academy of Bussiness, Cambridge. Vol 15 No 1.
Erfan,S., & Kwek, C.L. (2013). The Mediating Effects of Brand Association, Brand Loyalty, Brand Image and Perceived Quality on Brand Equity.
Ghozali (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Hasan (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Methaq A.S. (2016). The Impact of Brand Image Corporate Branding on Consumer’s Choice: The Role of Brand Equity. International Journal of Marketing Studies.
Sangadji & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Cetakan 17. Bandung: Alfabeta.
Sulistyari. (2012). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.
Sunjoyo, dkk. (2013). Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Bandung: Alfabeta. Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta : CAPS.