ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF PROMOTION, QUALITY OF SERVICE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, AND BRAND IMAGE ON CONSUMER BUYING INTEREST ON LAZADA E-COMMERCE SITE IN SEMARANG CITY
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.46586Abstract
Abstract. Changes in the world of online business have occurred a lot due to the many demands of society related to consumers who increasingly want convenience in shopping which is currently a trend. This demand makes entrepreneurs have to adjust to the needs of these consumers. In order not to be unable to compete with other businesses, entrepreneurs must adapt to the increasing number of online businesses that are currently emerging. This study uses four main factors that will be examined in relation to consumer decisions in choosing online businesses, namely promotion variables, service quality, Electronic Word of Mouth, Brand Image, and consumer buying interest variables on the Lazada e-commerce site in the city of Semarang. This study used a questionnaire distributed to 100 respondents who had shopped at Lazada online trading site in Semarang City as a sample. The sample selected in this study used a purposive sampling method using SPSS version 24. The research used in this study was multiple regression analysis and hypothesis testing (t-statistical test, f-statistical test, and test of the coefficient of determination). The results of the study show that there is a positive and significant relationship between the variables of promotion, service quality, Electronic Word of Mouth, and Brand Image on the variable of purchase intention.
Abstrak. Perubahan dalam dunia bisnis online telah banyak terjadi dikarenakan banyaknya tuntutan masyarakat yang terkait dengan konsumen yang semakin menginginkan kemudahan dalam berbelanja yang saat ini sedang menjadi trend. Tuntutan ini membuat pengusaha harus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen tersebut. Agar tidak kalah bersaing dengan bisnis lain, maka pengusaha harus menyesuaikan diri dengan semakin banyaknya bisnis online yang muncul saat ini. Penelitian ini mengunakan empat faktor utama yang akan diteliti dalam kaitannya dengan keputusan konsumen dalam memilih bisnis online, yaitu variabel promosi, kualitas pelayanan, Electronic Word of Mouth, Citra Merek, dan variabel minat beli konsumen pada situs e – commerce Lazada di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 responden yang pernah berbelanja di situs jual beli online Lazada yang berada di Kota Semarang sebagai sampel. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan SPSS versi 24. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, dan uji hipotesis (uji t – statistik, uji f – statistik , dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel promosi, kualitas pelayanan, Electronic Word of Mouth, dan Citra Merek terhadap variabel minat beli.
References
Amstrong, Gary & Philip Kotler. (2012) Dasar – Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta : Penerbit Prenhalindo
Durianto, D; Liana, C. 2004. Analsisis efektivitas iklan televusu softener soft dan fresh di Jakarta dans sekitarnya dengan menggunakan konsumen decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan vol.11 no 1 33-35.
Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi I, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hair JR, Joseph F, 2010, Multivariate Data Analysis, Seventh Edition
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Kansil, D. F., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). Antecedent Peer-To-Peer Lending Investment Intention In Manado. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.42345
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kertajaya Hermawan, 2006, Marketing Klasik Indonesia, Bandung, Penerbit Mizan
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Lin, C.; Wu, Y.; Chen. J. 2013. Electronic word of mouth: the moderating roles of product involvement and brand image. International conference on technology innovation and industrial management phuket Thailand pp 29-47
Qin Hong dan Prybutok Victor R. 2008. Determinats Of Costumer, Perceived Service Quality In Fastfood Restaurant & Their Relationshop To Customer Satisfaction And Behavioral Intentions. The Quality Management Journal Vol. 15 No.2
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : PT Alfabeta
Sekaran Uma, 2017, Research methods for business, USA : John Wiley & Sons, Inc
Swastha, Basu DH; Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty
Thurau, Hennig; Thorsten; gwinner, Kevin P.; Walsh, Giafranco; Gremler, Dwayne.D. 2004. Electronic word of outh via consumer opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the internet ? journal of international marketing, 18 (1) 38-52
Wijaya, Ketut Krisna .2014. Survei website e-commerce paling populer di Indonesia. techinasia.com
Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1.Indeks. Jakarta
https://www.statista.com/statistics/254456/number-of-internet-users-in-indonesia/ diakses tanggal 2 juli 2022, 10.34 pm)
https://www.statista.com/statistics/280925/b2c-e-commerce-sales-in-indonesia/ (diakses tanggal 2 juli 2022, 10.56 pm)
https://id.techinasia.com/survei-website-ecommerce-populer-indonesia (diakses tanggal 20 juli 2022)