PENGARUH ESPEKTANSI UPAYA, EKSPEKTANSI KINERJA, DAN PENGARUH SOSIAL TERHADAP INTENSI PERILAKU STUDI IMPLEMENTASI MENU DIGITAL DI WEDANGAN ECHO SURAKARTA

Authors

  • Evin William Goutama
  • Fabiola Leoparjo Fabiola
  • Moses Soediro

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49385

Abstract

Abstract. The objective of this study is to figure out how behavioral intention in the implementation of the digital menu at Wedangan Echo Surakarta is influenced by effort expectations, performance expectations, and social influence. The study's population consists of Wedangan Echo Surakarta customers who own smartphones. Furthermore, the study’s method of data collecting uses questionnaires distribution. In addition, the IBM SPSS 29.0.1.0 for Windows application is used to make significant inferences from the data outputs. This study concludes that effort expectations, performance expectations, and social influence all positively influence behavioral intention in the implementation of the digital menu at Wedangan Echo Surakarta.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana behavioral intention dalam implementasi menu digital di Wedangan Echo Surakarta dipengaruhi oleh ekspektasi usaha, ekspektasi kinerja, dan pengaruh sosial. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Wedangan Echo Surakarta yang memiliki smartphone. Selanjutnya, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner. Selain itu, aplikasi IBM SPSS 29.0.1.0 for Windows digunakan untuk membuat kesimpulan yang signifikan dari keluaran data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ekspektasi usaha, ekspektasi kinerja, dan pengaruh sosial semuanya berpengaruh positif terhadap niat perilaku dalam penerapan menu digital di Wedangan Gema Surakarta.

References

Adler, J., & Dika, R. (2022). Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Berbasis Web Sebagai Penentu Nilai Menu Terbaik. Majalah Ilmiah UNIKOM: 20(1), 33–43. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/7712/3177

Aprianto, I. G. L. A. (2022). Tinjauan Literatur: Penerimaan Teknologi Model UTAUT. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi: 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5377

Aulia,R. & Zakir, A. (2018). Pemanfaatan Teknologi Mobile untuk Pemesanan dan Pemrosesan Menu di Restaurant. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima: 1(1), 58-65. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v1i1.328.

Ayaz, A. & Yanartaş, M. (2020). An Analysis on The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Theory (UTAUT): Acceptance of Electronic Document Management System (EDMS). Computers in Human Behavior Reports, 2. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2020.100032

Bashir, N.A.A. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan SIORTU. Electronics, Informatics, and Vocational Education: 5(1), 42-51.

Chao, C. M. (2019). Factors Determining the Behavioral Intention to Use Mobile Learning: An Application and Extension of The UTAUT Model. Frontiers in Psychology: 10(JULY). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01652

Christiono, D. I., Ritzky, D., & Brahmana, K. M. R. (2018). Analisis Pengaruh Performance Expectancy Dan Effort Expectancy Terhadap Behavioral Intention Pada Online Marketplace. AGORA, 6(2). https://media.neliti.com/media/publications/287139-analisis-pengaruh-performance-expectancy-c4713ff1.pdf

Effiyaldi, Paul Karolus Pasaribu, J., Suratno, E., Kadar, M., Gunardi, Naibaho, R., Kumara Hati, S., & Aryati, V. (2022). Penerapan Uji Multikolinearitas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan: 1(2), 94–102. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jumanage

Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908

Gupta, K. P., Manrai, R., & Goel, U. (2019). Factors Influencing Adoption of Payments Banks by Indian Customers: Extending UTAUT With Perceived Credibility. Journal of Asia Business Studies: 13(2), 173–195. https://doi.org/10.1108/JABS-07-2017-0111

Handayani, T., & Sudiana. (2015). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). JURNAL ANGKASA, 165–180. https://doi.org/10.28989/angkasa.v7i2.159

Indah, M., & Agustin, H. (2019). Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Untuk Memahami Niat Dan Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi: 1(4), 1949–1967. http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/issue/view/16

Lim, W. M. (2022). Toward a Theory of Social Influence in the New Normal. Activities, Adaptation, & Aging: 46(1), 1–8. https://doi.org/10.1080/01924788.2022.2031165

Martono. (2018). Pembuatan Aplikasi E-Menu (Electronic Menu) Berbasis Website Dan Android. Jurnal Ilmiah Media SISFO: 12(1), 1036–1046.

Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).

Muharmi, H., Dessy, D., & Sari, K. (2019). Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Perceived Value Terhadap Consumer Satisfaction dan Behavioral Intentions. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia: 5(2), 193–203.

Mustaqim, R. N., Kusyanti, A., & Aryadita, H. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan E-Commerce XYZ Menggunakan Model UTAUT (Unified Theory Acceptance and Use of Technology). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer: 2(7), 2584–2593. http://j-ptiik.ub.ac.id

Naheb, O. A., Sukoharsono, G., & Baridwan, Z. (2017). The Influence of Critical Factors on The Behavior Intention to Computerized Accounting Systems (Cas) In Cement Manufactures In Libya. The International Journal of Accounting and Business Society: 38(1), 38–56. https://ijabs.ub.ac.id/index.php/ijabs/article/view/337/246

Nurrahman, A., Dimas, M., Ma’sum, M.F., & Ino, M.F. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintah: 3(1), 78-93.

Rahmawati, I., & Illiyin, R. (2021). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian HP OPPO. Jurnal Ilmiah Hospitality: 10(1).

Sanaky, M. M., Saleh, L. Moh., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik: 11(1), 432–439. https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/615/453

Saumell, R. P., Coll, S. F., Sánchez, J. G., & Robres, E. (2019). User Acceptance of Mobile Apps for Restaurants: An Expanded and Extended UTAUT-2. MDPI: 11(4), 1210. https://doi.org/10.3390/su11041210

Supriyadi, A. E., Supartono, W., & Purwadi, D. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis Restoran Segmen Atas di Yogyakarta dengan Pendekatan Critical Success Factors. Jurnal Teknologi Industri Pertanian: 30(3), 265–270. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.265

Tresnawan, I. G. P. Y., Pradnyana, I. M. A., & Wirawan, I. M. A. (2020). Analisa Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Desa (Sid) Dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT). INSERT: Information System and Emerging Technology Journal: 1(1), 51–61.

Tusyanah, T., Wahyudin, A., & Khafid, M. (2021). Analyzing Factors Affecting the Behavioral Intention to Use e-Wallet with the UTAUT Model with Experience as Moderating Variable. Journal of Economic Education: 10(2), 113–123. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly: Management Information Systems: 27(3), 425–478. https://doi.org/10.2307/30036540

Website Badan Pusat Statistik Kota Surakarta (2020) dari https://surakartakota.bps.go.id/statictable/2020/05/22/233/jumlah-rumah-makan-restoran-menurut-kecamatan-di-kota-surakarta-2016-2019.html

Website Kamus Besar Bahasa Indonesia (2023) dari https://kbbi.web.id/digitalisasi

Website Kementerian Keuangan Republik Indonesia (2022) dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/15588/Kondisi-Industri-Pengolahan-Makanan-dan-Minuman-di-Indonesia.html#:~:text=Industri%20makanan%20dan%20minuman%20di,Rp1%2C12%20kuadriliun%20pada%202021.

Yan, H., & Pan, K. (2015). Examining Mobile Payment User Adoption from The Perspective of Trust Transfer. International Journal of Networking and Virtual Organisations: 5(3), 136-151. https://doi.org/10.1504/IJNVO.2015.070423

Yim, M., & Yoo, C. (2020). Are Digital Menus Really Better than Traditional Menus? The Mediating Role of Consumption Visions and Menu Enjoyment. Journal of Interactive Marketing: 50(1). https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.01.001.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Goutama, E. W., Leoparjo, F., & Soediro, M. (2023). PENGARUH ESPEKTANSI UPAYA, EKSPEKTANSI KINERJA, DAN PENGARUH SOSIAL TERHADAP INTENSI PERILAKU STUDI IMPLEMENTASI MENU DIGITAL DI WEDANGAN ECHO SURAKARTA. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1361–1372. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49385