ANALISIS PENERIMAAN SISTEM (MYUNNES-KEUANGAN) DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Authors

  • Riza Firmansyah Universitas Negeri Semarang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Anik Maghfiroh Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49519

Abstract

Abstract.     The purpose of this study was to determine the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk on acceptance of the MyUnnes-Financial system. The sample taken was 80 people selected using the probability sample method. The data analysis technique used is SmartPLS 3.3.3 Software to test the research hypothesis. The results of this study indicate that perceived usefulness and perceived risks have a positive effect on acceptance of the MyUnnes-Keuangan. Meanwhile, perceived ease of use has no effect on acceptance of the MyUnnes-Keuangan.

 

 

Abstrak.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi risiko terhadap penerimaan sistem MyUnnes-Keuangan. Sampel yang diambil berjumlah 80 orang yang dipilih menggunakan metode sampel probabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Software SmartPLS 3.3.3.untuk melakukan pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi kemanfaatan dan persepsi risiko berpengaruh positif terhadap penerimaan sistem MyUnnes-Keuangan. Sedangkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap penerimaan sistem MyUnnes-Keuangan.

References

Al-gahtani, S. S., & King, M. (1999). Attitudes , satisfaction and usage : factors contributing to each in the acceptance of information technology. Behaviour & Information Technology, 18(4), 277–297.

Alfadda, H. A., & Mahdi, H. S. (2021). Measuring Students’ Use of Zoom Application in Language Course Based on the Technology Acceptance Model (TAM). Journal of Psycholinguistic Research, 50(4), 883–900. https://doi.org/10.1007/s10936-020-09752-1

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Desita, W., & Dewi, G. A. K. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(01), 115–124.

Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). PARTIAL LEAST SQUARES (Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0) (2nd ed.). Badan Penerbit Undip.

Kansil, D. F., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). Antecedent Peer-To-Peer Lending Investment Intention In Manado. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.42345

Lestari, T., Hizazi, A., & Muhammad, G. (2020). Analisis Penerimaan Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (Saiba) Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama Mitra Layanan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (Kppn) Jambi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Universitas Jambi, 5(4), 285. https://online-journal.unja.ac.id/jaku

Mulyanto, A., Sumarsono, S., Niyartama, T. F., & Syaka, A. K. (2020). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink. Semesta Teknika, 23(1), 27–38. https://doi.org/10.18196/st.231253

Oktaviyani, T., & Kuntadi, C. (2022). Factors Influencing the Acceptance of Sakti Application : Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , and Perceived Risk on State Financial Planning and Budgeting. Dinasti International Journal of Economics, Finance and Accounting, 3(5), 514–522.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 101–134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275

Prabowo, N. T. (2017). Analisis Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Indonesian Treasury Review Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 2(2), 55–66. https://doi.org/10.33105/itrev.v2i2.27

Putra, M. I. A., & Sari, R. C. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. PROFITA : Kajian Ilmu Akuntansi, 8(8), 1–12.

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), 196–209. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3075

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN BISNIS (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D) (3rd ed.). Alfabeta.

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.201

Wang, J., Zhao, S., Zhang, W., & Evans, R. (2021). Why people adopt smart transportation services: an integrated model of TAM, trust and perceived risk. Transportation Planning and Technology, 44(6), 629–646. https://doi.org/10.1080/03081060.2021.1943132

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Firmansyah, R., Hartono, R., & Maghfiroh, A. (2023). ANALISIS PENERIMAAN SISTEM (MYUNNES-KEUANGAN) DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1373–1385. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49519