THE EFFECT OF PRODUCT INNOVATION, PRICE AND BRAND IMAGE ON DECISIONS TO BUY USED CARS (Case Study of The King Cobra Auto East Jakarta Showroom)

Authors

  • Burhan Murdani Universitas Pelita Bangsa
  • Supartono Universitas Pelita Bangsa
  • Kurbandi Satpatmantya BR Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49569

Abstract

Abstract.  The development of the times and technology in the era of globalization, people's need for means of transportation has also increased. Understanding the needs and wants of customers will provide important input for entrepreneurs to design marketing strategies. Therefore, there are several consumer factors to make purchasing decisions. This study aims to examine the effect of product innovation, price and brand image on used car purchasing decisions at The King Cobra Auto Showroom, East Jakarta. This research is included in the survey research method, so the research design is quantitative descriptive research. The sampling method used is nonprobability sampling, namely purposive sampling method with a total of 50 respondents. The sample of this research is all consumers with the criteria of having an age of 21 years and over. The research is positive so that it uses a Likert scale and analytical techniques in research using SPSS. Based on this table, the calculated F value is 34.845. It is known that the F table value is 2.70 and a significance value of 0.000 is obtained

.

Abstrak.  Perkembangan zaman dan teknologi pada era globalisasi, kebutuhan masyarakat akan alat transportasi juga meningkat. Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi pengusaha untuk merancang strategi pemasaran. Oleh karena itu ada beberapa faktor konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil bekas di Showroom The King Cobra Auto Jakarta Timur.  Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian survei maka desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu dengan metode purposive sampling dengan jumlah 50 responden. Sampel penelitian ini adalah seluruh konsumen dengan kriteria memiliki umur 21 tahun keatas. Dalam penelitian bersifat positif sehingga menggunakan skala likert dan teknik analisis pada penelitian menggunakan SPSS. Berdasarkan tabel tersebut, diperoleh nilai F hitung  yaitu 34,845. Diketahui jika nilai F tabelnya 2,70 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (34,845> 2,70) dan nilai dari signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

References

Alfiya, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga.

Amstrong G, Kotler P (2013) Mendefinisikan Keputusan Pembelian.

Dachi, A. (2020). Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan : Studi Pengguna Mobil Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 120–129. https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.843

Ghozali (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Isnawati, Y. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen produk ATBM Pekalongan) Rizky Iryanita, Y. Sugiarto . Diponegoro Journal of Management, 2, 1–9. http://eprints.undip.ac.id/68440/

Khomilah, M. (2020). Pengaruh Promosi, Atribut Toko (Store Attributes), Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Nick Coffe di Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains.

Kurniawan, D. E. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Showroom Mobil Bekas Doku Doku. 1–8. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Mardhotillah, R. R., Karya, D. F., & Rosyad, M. A. (2021). The Influence Of Price, Product Quality And Brand Image On Purchase Decisions (Study At Nahdlatul Ulama University Students Of Surabaya UsingInk Brand Helmet). Procedia Business and Financial Technology, 1(Iconbmt), 23–25. https://doi.org/10.47494/pbft.2021.1.11

Mardilanputra, alif A. N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mobil Daihatsu Xenia Di Kabupaten Sleman).

Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3), 379–392. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515

Pamungkas, D. G. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Konsumen GDCK Supply Co Di Kota Magelang).

Pangestika, Y. B., Karnowahadi, K., & Nurkhayati, I. (2019). The Influence of Price and Service Quality on Purchase Decision of Honda Car At Pt. Istana Cendrawasih Motor Semarang. Admisi Dan Bisnis, 20(1), 47. https://doi.org/10.32497/ab.v20i1.1425

Kotler & Keller (2012), dalam buku “Manajemen Pemasaran mendefinisikan keputusan pembelian” Edisi 12, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler P, KL Keller, M Brady, M Goodman, T Harisen (2019) Marketing Management (4 th European ed.)

Lemy, D. M., Bernarto, I., & Tulung, J.E. (2013). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Utara. Jurnal Manajemen: Derema

Prabowo, R. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Wuling Motors Magelang). Produk, P. K., & Daya, H. D. A. N. (2021). ( Studi Empiris Pada Wuling Motors Magelang ).

Putih, R. M. (2022). Pengaruh Harga, Iklan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Kota Jember. 1–119.

Tarmidi, D., Prince, Y., Dosinaen, R. P., Siahaan, S. A., Azzadi, M. T., Angel, G., & Napitupulu, S. (2021). The Effect of Product Innovation and Price on Purchasing Decisions on Shopee Users in Bandung in 2021 (Case Study on Electronic Products Labeled Shipping from Overseas). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 747–753.

Taufik Nopriansyah Pane, Daud Arifin, & M.Husni Ritonga. (2022). An Analysis of Product Quality, Variations, And Prices on Purchase Decisions Case Study of Suzuki Ertiga Car Dealer at PT. Trans Sumatera Agung, Medan City. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 9(2), 388–397. https://doi.org/10.33258/konfrontasi2.v9i2.229

Vira Wilistyorini, & Herry Sussanto. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Price, and Trust on Purchase Decisions (Case Study on Shopeefood Users). International Journal Management and Economic, 1(3), 01–12. https://doi.org/10.56127/ijme.v1i3.279

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Murdani, B., Supartono, & Satpatmantya BR, K. (2023). THE EFFECT OF PRODUCT INNOVATION, PRICE AND BRAND IMAGE ON DECISIONS TO BUY USED CARS (Case Study of The King Cobra Auto East Jakarta Showroom). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 867–881. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49569