THE EFFECT OF HALLYU (KOREAN WAVE) TOWARDS INTENTION TO VISIT TO SOUTH KOREA WITH DESTINATION IMAGE AS A MEDIATING VARIABLE

Authors

  • Angel Juliana Universitas Ciputra
  • Clarissa Listya Susilo Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.53368

Abstract

Abstract.  This research was done in order to understand the effect of Hallyu (Korean Wave) towards intention to visit in tourist from Surabaya, with destination image as a mediating variable. This research is a quantitative research which uses questionnaire as a main tool to collect research data. This research uses SEM method to analyse the research data. Based on the data analysis, it was found that Hallyu (Korean Wave) has a positive and significant effect towards intention to visit, and destination image also has a positive and significant effect towards intention to visit. Based on the result, it is also found that destination image has a full mediating effect in the relationship between Hallyu (Korean Wave) and intention to visit.

Abstrak.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Hallyu (Korean Wave) terhadap niat berkunjung wisatawan asal Surabaya, dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat utama untuk mengumpulkan data penelitian. Penelitian ini menggunakan metode SEM untuk menganalisis data penelitian. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa Hallyu (Korean Wave) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung, dan citra destinasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan pula bahwa citra destinasi memiliki efek mediasi penuh dalam hubungan antara Hallyu (Korean Wave) dan niat berkunjung.

References

Ahn, T., Ekinci, Y., & Li, G. (2013). Self-congruence, functional congruence, and destination choice. Journal of Business Research, 66(6), 719-723.

Anggraini, K. R. (2016). Peran Hallyu Dalam Pembentukan Citra Korea Selatan Sebagai Negara Tujuan Wisata. Retrieved on October, 19.

Ardiani, E., & Murwatiningsih, M. (2017). Membangun Loyalitas Konsumen melalui Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.Management Analysis Journal, 6(3), 274-284.

Ariffin, Z. Z. (2013). Analyzing The Dimension of Korean popular Culture Among Malaysian Adolescent. International Journal.

Astini, R., & Sulistiyowati, I. (2015). Pengaruh destination image, travel motivation, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung (studi kasus pada wisatawan nusantara muslim di pantai carita pandeglang Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(3), 96589.

Aviolitasona, G. B., & Azis Slamet Wiyono, M. M. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging, Boyolali (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Egsaugm. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Accessed on 18 December 2023, dari Fenomena Korean Wave di Indonesia – Environmental Geography Student Association (ugm.ac.id).

Echtner, C. M., & Ritchie, J. B. (2003). The meaning and measurement of destination image:[Reprint of original article published in v. 2, no. 2, 1991: 2-12.]. Journal of tourism studies, 14(1), 37-48.

Hair, J. F, Anderson, R. E, Babin, B. J, & Black, W. C. (2010). Multivariate data analysis : a global perspective. 7th ed. Upper Saddle River (N.J.): Pearson education.

Herliani, P. (2017). Pengaruh Korean Wave Terhadap Animo Masyarakat Indonesia untuk Berpariwisata ke Korea Selatan (Doctoral dissertation, Perpustakaan).

Islamiyah, A. N., Priyanto, N. M., & Prabhandari, N. P. D. (2020). Diplomasi Budaya Jepang dan Korea Selatan di Indonesia Tahun 2020: Studi Komparasi. Jurnal Hubungan Internasional, 13(2), 257.

Jaunanda, M., Sembel, R., Hulu, E., & Ugut, G. S. S. (2022). Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added Dan Financial Distress Terhadap Volatilitas Stock Return Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36737

Kurniasari, H. (2019). TA: Pengaruh Bauran Pemasaran, Word Of Mouth, Destination Image Dan Destination Branding Terhadap Minat Berkunjung di Wisata Pantai Ria Kenjeran (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Luo, J. M., & Ye, B. H. (2020). Role of generativity on tourists’ experience expectation, 66 motivation and visit intention in museums. Journal of Hospitality and Tourism Management, 43, 120-126.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek pada kosmetik Wardah di kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2).

Pitoy, R. R., Saerang, I. S., & Tulung, J. E. (2022). Reaksi Pasar Modal Terhadap Disahkannya RUU Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang Pada Emiten Perbankan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1)

Poerwanto, E. (2019). Turis Indonesia Berwisata ke Luar Negeri Diprediksi 10,7 Juta. Accesed on 18 December 2023, dari 2019, Turis Indonesia Berwisata ke Luar Negeri Diprediksi 10,7 Juta -Bisniswisata.

Pramita, Y., & Harto, S. (2016). Pengaruh Hallyu terhadap minat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Korea Selatan (Doctoral dissertation, Riau University).

Ratnawati, D. L. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Destination Image Terhadap Minat Berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Rastati, R. (2018). Korean Wave: Pariwisata, Soft Power, dan Gerakan Ekspansi Budaya Pop. Accessed on 18 December 2023, dari https://pmb.brin.go.id/korean-wave- pariwisata-soft-power-dan-gerakan-ekspansi-budaya-pop/.

Septyarti, Hadwisia. 2011. Hallyu (Studi Tentang Penggemar Boyband Korea di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Sila, I. K., & Martini, I. A. (2020). Transformation and revitalization of service quality in the digital era of revolutionary disruption 4.0. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).

Udiyana, I. B. G., Kepramareni, P., & Erlinawati, E. (2018). Wisata, Fasilitas, Biaya Perjalanan Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kunjungan Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Plengkung Di Kabupaten Banyuwangi Propinsi Jawa Timur (Upaya Pemberdayaan Pengusaha Lokal Sektor Pariwisata). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(1), 102-108.

Wiyana, T., Adiati, M. P., & Wiastuti, R. D. (2018). Korelasi Antara Event Budaya Dengan Citra Destinasi Pada Solo International Performing Arts 2017. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 4(1).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Juliana, A., & Susilo, C. L. (2023). THE EFFECT OF HALLYU (KOREAN WAVE) TOWARDS INTENTION TO VISIT TO SOUTH KOREA WITH DESTINATION IMAGE AS A MEDIATING VARIABLE. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 2147–2157. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.53368