STUDI PENERAPAN ARSITEKTUR BIOPHILIC DALAM PERANCANGAN EDUWISATA KEDELAI
DOI:
https://doi.org/10.35793/matrasain.v21i1.56044Abstract
ABSTRAKPotensi alam dan potensi pertanian lokal merupakan sebuah bibit potensi unggulan yang harus dikembangkan. Ditengah tengah maraknya pengembangan berbagai sektor pertanian di indonesia, diperlukannya pengembangan pendukung wisata edukasi mengenai pertanian tersebut, kegiatan wisata edukasi berbasis pertanian ini merupakan kegiatan dimana potensi areal pertanian dimanfaatkan semaksimal mungkin dan ditunjang dengan fungsi pendukung lain seperti kegiatan produksi, edukasi dan pariwisata didalamnya. hal tersebut bertujuan selain meningkatkan produktivitas suatu daerah, juga dapat menaikkan kualitas kesejahteraan masyarakat yang ada disekitarnya. Metode yang digunakan pada penulisan jurnal ini yaitu dengan menggunakan metode deskriptif dan kualitatif, sehingga dapat menghasilkan data data deskriptif berupa rencana penerapan tema hubungan alam dan manusia pada rancangan kawasan wisata edukasi pertanian dengan menjadi suatu ikonik dan menjadi sarana potensial bagi masayarakat sekitar. Kawasan wisata edukasi pertanian ini merupakan tempat dimana sektor pertanian sebagai pondasi utama yang kemudian didukung oleh sarana produksi, edukasi dan sarana pariwisata didalamnya. Dengan menerapkan rencana pendekatan Arsitektur Biofilik. Rencana implementasi Arsitektur Biofilik pada kawasan ini nantinya diwujudkannya melalui orientasi pada bangunan dan mengkoneksikan antar ruang dalam dan area lingkungan sekitar, dengan berbagai aspek, baik secara visual maupun non visual yang diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dari berbagai aspek penggunan juga masyarakat yang akan dilibatkan nantinya.
Kata Kunci: Wisata Pertanian, Arsitektur Biofilik, Pertanian, Potensi Alam, Eduwisata
ABSTRACT
The Natural potential and local agricultural potential are potential fields that must be developed. In the midst of the intensive development of various agricultural sectors in Indonesia, it is necessary to develop supporting educational tourism regarding agriculture. This agricultural-based educational tourism activity is an activity where the potential of agricultural areas is utilized to the maximum extent possible and is supported by other supporting functions such as production, education and tourism activities within it. This aims to not only increase the productivity of an area, but also to improve the quality of life of the people around it. The qualitative descriptive method was chosen in this writing with the hope of producing descriptive data in the form of a plan to implement a nature-based theme in the design of an agricultural educational tourism area by becoming iconic and a potential facility for the surrounding community. This agricultural educational tourism area is a place where the agricultural sector is the main foundation which is then supported by production facilities, education and tourism facilities within it. By implementing a Biophilic Architecture approach plan. The plan to implement Biophilic Architecture in this area will be realized through building orientation and connecting the interior space and the surrounding environment, with various aspects, both visual and non-visual, which are expected to have a positive impact on various aspects of use as well as the community who will be involved later.
Keywords: Agricultural Tourism, Biophilic Architecture, Agriculture, Natural