ANIMASI DALAM TECHNO PARK

Authors

  • Marcovani Wowor Jurusan Arsitektur FT-UNSRAT Manado
  • Linda Tondobala Jurusan Arsitektur, FT-USRAT

DOI:

https://doi.org/10.35792/matrasain.v9i2.662

Abstract

Sekarang ini teknologi komputer berkembang dengan sangat pesat, sehingga sering muncul pepatah “orang yang tidak mengerti teknologi adalah orang yang ketinggalan zamanâ€. Salah satu teknologi komputer yang populer dan terus berkembang saat ini adalah teknologi animasi.

Animasi sendiri sebenarnya merupakan ciptaan manusia yang bersifat menghibur sekaligus mendidik bagi manusia dimana biasanya dituangkan dalam bentuk gambar yang terlihat seperti hidup dan memiliki karakter  sendiri yang mudah diserap/dimengerti anak-anak, karena sasaran utama dari animasi sendiri pada awalnya adalah anak-anak. Baru kemudian berkembang meluas ke semua kalangan.

Dalam perkembangannya animasi mulai digunakan dalam dunia arsitektur terutama untuk kepentingan mempresentasikan hasil perancangan dengan menggunakan program komputer seperti autoCAD, 3D max, skechup, archiCAD dll. Seiring  dengan perkembangan teknologi pada bangunan maka animasi tidak hanya digunakan untuk presentasi hasil rancangan  saja tapi mulai diterapkan nyata pada bangunan. Hal tersebut biasanya  untuk menarik minat masyarakat mengunjungi bangunan tersebut. Contohnya adalah pembuatan gambar-gambar animasi sebagai pengganti cat dinding bangunan untuk menarik minat pengunjung, penggunaan hologram atau  karakter animasi tertentu  pada bangunan, dibuatnya bangunan theme park dan area bermain atau pendidikan  yang menyajikan animasi seperti simulasi 3d, robot ataupun hologram animasi. Dan yang mulai berkembang dan populer saat ini adalah techno park. Techno park sendiri mirip dengan theme park hanya bedanya  techno park menggunakan teknologi lebih futuristik dan tidak hanya diperuntukan untuk hiburan atau pendidikan tetapi lebih luas lagi techno park mencakup kedua fungsi untuk pendidikan dan hiburan. Pada makalah ini materi yang akan diangkat adalah penggunaan/penerapan animasi dalam techno park itu sendiri.

Kata kunci: Animasi, Teknologi, Theme Park

Author Biographies

Marcovani Wowor, Jurusan Arsitektur FT-UNSRAT Manado

Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT Manado

Mahasiswa Prodi S1 Arsitektur

Linda Tondobala, Jurusan Arsitektur, FT-USRAT

Jurusan Arsitektur, FT-USRAT

Staf Pengajar

Downloads

Published

2012-08-01

Issue

Section

Articles