KAJIAN SEJARAH DAN ARSITEKTUR TUGU PERANG DUNIA II DI MANADO

Authors

  • Dwight Mooddy Rondonuwu Arsitektur UNSRAT Manado

DOI:

https://doi.org/10.35792/matrasain.v12i2.9206

Keywords:

Bangunan Kuno, Konservasi, Arsitektur Kot

Abstract

Bangunan kuno Tugu Perang Dunia II yang berdiri kokoh di halaman samping Gereja Sentrum Manado, dirancang Ir. Cj uit Den Bosch seorang  arsitek yang berkebangsaan Sekutu  dibangun tahun 1946-an. Secara visual bangunan kuno Tugu Perang Dunia II ini memperlihatkan tampilan arsitektur yang  bergaya kolonial.

Penelitian ini  bertujuan untuk mengkaji  sejarah Tugu Perang Dunia II dan melihat kelayakan nilai-nilai arsitektur yang dimiliki bangunan Tugu Perang II ini sehingga dapat dilakukan upaya pelestarian dan konservasi dalam rangka memperkaya khasanah Arsitektur Kota khususnya bangunan tua bersejarah di Manado.

Dengan menggunakan metode analisis deskripsi maka dari hasil penelitian ditemukan sejumlah peristiwa kesejarahan penting yang menjadi alasan bangunan Tugu Perang Dunia II ini dibangun. Dari aspek arsitektur, bangunan kuno Tugu Perang Dunia II ini ternyata memiliki keunikan arsitektur bergaya kolonial serta menyimpan makna tampilan khas yang mampu memberikan identitas tersendiri pada wajah arsitektur di kawasan pusat kota Manado.

Kata Kunci : Bangunan Kuno, Tugu Perang Dunia, Konservasi, Pelestarian, Arsitektur Kota

Downloads

Published

2015-08-13

Issue

Section

Articles