PENGARUH YOGA TERHADAP FUNGSI KESEIMBANGAN DIUKUR DENGAN WII FIT U BALANCE BOARD PADA TENAGA KESEHATAN DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH MEKANIK KRONIK

Authors

  • Jacomina Fredrika Lisa Kepel IKFR UNSRAT
  • Joudy Gessal IKFR UNSRAT
  • Lidwina Sima Sengkey IKFR UNSRAT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yoga terhadap fungsi keseimbangan dengan menilai pergeseran Center of Pressure (COP) yang diukur oleh Wii Fit U Balance Board pada tenaga kesehatan dengan nyeri punggung bawah mekanis kronis.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre  test – post test yang dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Medik Prof. RSUP. Dr. R. D. Kandou Manado dari Juni hingga Juli 2022. 19 subjek tenaga kesehatan dengan NPB mekanik kronis mengikuti penelitian ini selama 4 minggu dibagi menjadi 8 sesi latihan dengan 1 subjek putus sekolah karena tidak mengikuti 2 sesi yoga dan penilaian akhir. Yoga diberikan selama 1 jam selama 1 sesi. Penilaian fungsi keseimbangan dilakukan dengan menggunakan Wii Fit U Balance Board dengan menilai pergeseran COP yang dilakukan sebelum sesi yoga ke-1 dan setelah sesi yoga ke-8.

Hasil: Sumbu X menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan antara nilai median sebelum dan nilai median setelah Yoga (Z = -2,983 dengan nilai p = 0,001). Begitu juga dengan sumbu Y yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai rata-rata sebelum dan nilai rata-rata setelah Yoga (t = 3,432 dengan nilai p < 0,003).

Kesimpulan: Yoga dapat meningkatkan fungsi keseimbangan pada petugas kesehatan dengan NPB Mekanik Kronis dengan menilai pergeseran Pusat Tekanan pada perangkat Wii Fit U Balance Board.

Author Biographies

Jacomina Fredrika Lisa Kepel, IKFR UNSRAT

PPDS-1 Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Joudy Gessal, IKFR UNSRAT

Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Lidwina Sima Sengkey, IKFR UNSRAT

Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Published

2023-01-20