PENGARUH LATIHAN PERMAINAN VIRTUAL REALITY TERHADAP KESEIMBANGAN PASCASTROKE ISKEMIK SUBAKUT

Authors

  • Brain Anggana IKFR Unsrat
  • Joudy Gessal IKFR Unsrat
  • Lidwina Sima Sengkey IKFR Unsrat

Abstract

ABSTRAK: Stroke menurut World Health Organization (WHO) adalah tanda-tanda klinis yang berkembang cepat dari gangguan fungsi otak fokal (atau global), dengan gejala yang berlangsung 24 jam atau lebih atau menyebabkan kematian, tanpa penyebab yang jelas selain dari vaskular. Stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua di seluruh dunia dan sering menjadi penyebab kecacatan orang dewasa di negara maju. Permainan Virtual Reality (VR) merupakan pendekatan terbaru dalam rehabilitasi stroke melalui perangkat permainan komersial yang dengan cepat diadopsi dalam penggunaan klinis karena dapat memberikan pengalaman multimodal dan latihan berorientasi tugas. Metode: penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimental dengan one group pre test – post test design dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado selama bulan Mei 2023 sampai dengan Juni 2023. Dengan subjek penelitian adalah pasien pascastroke iskemik fase subakut (terkonfirmasi pemeriksaan Computerized Tomography Scan atau Magnetic Resonance Imaging) yang berobat di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado  serta memenuhi kriteria penelitian. Hasil: Terdapat hasil yang signifikan (p<0,05) dari Pengukuran Anterior-Posterior Sway, Medial-Lateral Sway Eye Opened maupun Closed Pre dan Post Latihan. Terdapat pula hasil yang signifikan (p<0,05) dari Pengujian Perbedaan Keseimbangan Dinamis Pre dan Post Latihan. Kesimpulan: Latihan permainan Virtual Reality dengan menggunakan perangkat Xbox 360 dan sensor KinectTM sebagai terapi suplementer bersama dengan terapi konvensional terbukti efektif untuk meningkatkan keseimbangan statis dan dinamis Pascastroke iskemik subakut dengan pemberian terapi sebanyak 8 sesi serta latihan permainan Virtual Reality mampu meningkatkan kepatuhan pasien Pascastroke terhadap program rehabilitasi medik dikarenakan efek kesenangan dan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Kata kunci: virtual reality, kesimbangan, stroke iskemik subakut

Author Biographies

Brain Anggana, IKFR Unsrat

Resident of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Joudy Gessal, IKFR Unsrat

Lecture of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Lidwina Sima Sengkey, IKFR Unsrat

Lecture of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Published

2023-10-03