Pengaruh Latihan Permainan Virtual Reality Terhadap Fatigue Dan Peningkatan Quality Of Life Pada Kanker Serviks Yang Menjalani Terapi Radiasi

Authors

  • Dieter Alyona IKFR Unsrat
  • Lidwina Sima Sengkey IKFR Unsrat
  • Theresia Isye Mogi IKFR Unsrat
  • Julius Lolombulan UNSRAT

Abstract

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh latihan permainan Virtual Reality terhadap Fatigue yang diukur dengan Brief Fatigue Inventory (BFI) dan Peningkatan Quality of Life yang diukur dengan European Organization for Research and Treatment of Cancer Quality of Life Questionnaire (EORTC QLQ‑C30) Pada Kanker Serviks Yang Menjalani Terapi Radiasi.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan one group pre test – post test design yang dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado sejak bulan Juli hingga Agustus 2023. Empat belas subjek Kanker serviks berpartisipasi dalam penelitian ini selama 8 sesi yang dilakukan dalam 3-4 minggu. Perlakuan latihan permainan Virtual Reality berupa 3 jenis permainan yang diberikan selang-seling sesuai jadwal yang telah disusun dengan durasi masing-masing sesi perlakuan selama 30 menit dengan subjek tetap menjalani terapi Radiasi. Penilaian Fatigue dilakukan dengan mengukur nilai Brief Fatigue Inventory dan Peningkatan Quality of Life yang diukur dengan European Organization for Research and Treatment of Cancer Quality of Life Questionnaire (EORTC QLQ‑C30).
Hasil : Fatigue pascaperlakukan menunjukkan perbaikan yang signifikan (p = 0,000 < 0,05). Demikian juga dengan Quality of Life pascaperlakukan menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan (p = 0,000 < 0,05).
Kesimpulan : Latihan permainan Virtual Reality dengan menggunakan perangkat Xbox 360 dan sensor KinectTM sebagai terapi suplementer bersama dengan terapi Radiasi terbukti efektif untuk memperbaiki Fatigue dan meningkatkan Quality of Life Pada Kanker Serviks Yang Menjalani Terapi Radiasi dengan pemberian terapi sebanyak 8 sesi.
Kata Kunci : Fatigue, Quality of Life, Kanker Serviks, Virtual Reality.

Author Biographies

Dieter Alyona, IKFR Unsrat

Physical Medicine and Rehabilitation Department of Sam Ratulangi University Manado

Lidwina Sima Sengkey, IKFR Unsrat

Physical Medicine and Rehabilitation Department of Sam Ratulangi University Manado

Theresia Isye Mogi, IKFR Unsrat

Physical Medicine and Rehabilitation Department of Sam Ratulangi University Manado

Julius Lolombulan, UNSRAT

Physical Medicine and Rehabilitation Department of Sam Ratulangi University Manado

Published

2023-12-22