PENGARUH LATIHAN PERMAINAN VIRTUAL REALITY TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KETAHANAN KARDIORESPIRASI PASCASTROKE ISKEMIK SUBAKUT

Authors

  • Jonathan Prayogi Suyono IKFR Unsrat
  • Theresia Isye Mogi IKFR Unsrat
  • Lidwina Sima Sengkey IKFR Unsrat
  • Julius Lolombulan UNSRAT

Abstract

Stroke merupakan penyebab kecacatan terbanyak pada kelompok usia dewasa dan insidennya semakin lama semakin meningkat.1 Stroke menempati peringkat kedua penyebab kematian dan peringkat ketiga penyebab disabilitas global. Stroke berdampak signifikan pada disabilitas dan meningkatkan beban kesehatan pada pasien, keluarga, maupun sistem pelayanan kesehatan. The American Heart Association (AHA) memperkirakan kejadian stroke setiap tahunnya yaitu sebesar 795.000 kasus, terdiri dari 610.000 kasus baru, dan 185.000 kasus berulang, penelitian ini menganalisis pengaruh terapi latihan berbasis permainan video menggunakan Xbox 360° dan perangkat Kinect™ terhadap fungsi ketahanan kardiorespriasi pasca stroke iskemik subakut. Virtual reality (VR) merupakan suatu sistem terkomputerisasi yang menstimulasikan suatu aktifitas atau pengalaman. Keberadaan VR dikarakteristikan sebagai suatu ilusi memasuki dunia maya yang dibentuk oleh komputer. Teknologi VR memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan lingkungan virtual yang memberikan kondisi serta kemampuan untuk menggantikan atau menambah informasi  umpan  baik  sensoris  ke  satu  atau  lebih  indera  sehingga  pengguna mendapatkan rasa berada dalam kondisi simulasi tersebut. Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian eksperimental dengan  pretest – posttest group design, Penelitian dilakukan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado selama bulan Oktober 2022 sampai dengan Januari 2023, Subjek penelitian adalah pascastroke subakut yang datang ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado serta memenuhi kriteria penelitian Latihan permainan Virtual Reality dengan menggunakan perangkat Xbox 360 dan sensor Kinect™ sebagai terapi substitusi aerobik dan tambahan bersama dengan terapi konvensional terbukti efektif untuk meningkatkan fungsi ketahanan kardiorespirasi pascastroke iskemik fase subakut. Latihan permainan Virtual Reality mampu meningkatkan tingkat kepatuhan pasien pascastroke terhadap program latihan rehabilitasi medik karena adanya efek kesenangan, penasaran, serta ketertarikan dalam melakukan latihan.

Author Biographies

Jonathan Prayogi Suyono, IKFR Unsrat

Resident of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Theresia Isye Mogi, IKFR Unsrat

Lecture of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Lidwina Sima Sengkey, IKFR Unsrat

Lecture of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Julius Lolombulan, UNSRAT

Lecture of Physical Medicine and Rehabilitation RSUP Kandou Manado

Published

2023-12-22