Analisis Pengaruh Radiasi Gelombang Mikro Pada Struktur Kristal Pati (Starch)

Authors

  • Rianita Sasue
  • Hanny Frans Sangian
  • Handy IR. Mosey

DOI:

https://doi.org/10.35799/jm.6.1.2017.16158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perubahan struktur Kristal sampel setelah diberi perlakuan awal (pretreatment) dengan cara memanfaatkan radiasi gelombang Elektromagnetik. Alat yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah microwave sedangkan sampel atau substrat yang dipilih adalah pati singkong yang telah dihaluskan dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa waktu. Bahan yang telah di pretreatment  dengan microwave selanjutnya dilakukan pengukuran dengan menggunakan SEM, XRD dan FTIR. Karakterisasi substrat yang telah mengalami proses pretreatment kemudian  dibandingkan dengan sampel alami.

SEM menunjukan bahwa permukaan granula dari sampel yang dilakukan pretreatment mengalami perubahan. Dari pola XRD memperlihatkan perubahan Kristal menjadi lebih amorf pada sudut antara 15-24°, sedangkan pola FTIR terjadi pergeseran wilayah serapan gelombang inframerah pada sampel yang  dilakukan pretreatment

This research is aimed to analyze the change of sample crystal structure after it  was given a pretreatment by utilizing the microwave radiation. The device that was used in this research was a microwave set, while the chosen sample or subtrate was starch which has been mashed and dried under the sunlight for days. Material that was conducted a pretreatment was then measured using SEM, XRD and FTIR. Characterization of the subtrate that has been undergone the pretreatment was then compared to the natural sample.

The SEM showed that the granule surface of treated substrate changed while the XRD pattern displayed a transformation to be more amorphous at the angles of 15-24°. The FTIR pattern revealed the absorption of infrared wave shifted for the sample treated by microwave compared to that of original substrate.

Downloads

Published

17-06-2017

Issue

Section

Articles