PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN DAN KOMITE AUDIT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN SUBSEKTOR BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Penulis

  • Orlando Christhoper Torondek Universitas Advent Indonesia, Bandung
  • Resmita Simbolon Universitas Advent Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.44194.23.2.2022

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dalam mengetahui pengaruh apa yang diberikan oleh variabel komisaris independen dan komite audit terhadap nilai perusahaan. Populasi yang menjadi pengamatan pada penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan dengan sub sektor batu bara yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Menggunakan penggunaan purposive sampling sebagai pengumpulan data dengan menggunakan kriteria yang berlaku. Total data yang digunakan dari 11 perusahaan  berisi 33 data. Menggunakan regresi linear dalam melakukan pengujian data menggunakan SPSS 26. Hasil yang ditunjukkan adalah komisaris independen menunjukkan hasil yang signifiakan terhadap nilai perusahaan, dan komite audit tidak menunjukkan hasil yang signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Komisaris Independen, Komite Audit, Nilai Perusahaan

 

 

ABSTRACT

This research aims in determining what effect will showed from the variables of independent commissioner and audit comittee to company’s value. The population used from companies on mining sector with subsector of coal that listed on Indonesian Stock Exchange 2018-2020. On the use of purposive sampling, the sample of the company that used are 11 companies with 33 total of data. Using linear regression for testing the data through SPSS 26. The result showing independent commissioner significantly influences company’s value, and audit committee does not significantly influence company’s values.

 

Keywords: Independent Comissioner, Auditee Komite, Companmy Value

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-13