ANALISIS PENGARUH PENYERTAAN MODAL PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI KASUS PT. BANK SULUTGO)

Penulis

  • Fernie Lydia Toar Universitas Sam Ratulangi
  • Daisy Shirly Marhaenie Engka Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Mauna Th.B. Maramis Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.44197.24.1.2023

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa pengaruh penyertaan modal Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada BUMD (khususnya PT. Bank SulutGo) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulawesi Utara (2) menganalisa pengaruh penerimaan Deviden Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada BUMD (khususnya PT. Bank SulutGo) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulawesi Utara. (3) menganalisa pengaruh penyertaan modal pemerintah dan penerimaan deviden secara bersama-sama terhadap Pendapatan Asli Daerah.

Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang diperoleh melalui dokumen-dokumen resmi serta laporan-laporan dari instansi-instansi terkait, menggunakan data time series dengan jangka waktu tahun 2011 – 2020. Variabel yang digunakan untuk meneliti adalah dua variabel independent yaitu Penyertaan Modal dan Deviden, serta satu variabel dependen yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD). Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda melalui program Eviews 8.

Hasil penelitian menunjukkan (1) variabel penyertaan modal berpengaruh secara signifikan dan berhubungan positif terhadap PAD Provinsi Sulawesi Utara, (2) variabel deviden secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap PAD Provinsi Sulawesi Utara, (3) variabel penyertaan modal dan deviden secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap PAD.

 

Kata Kunci : Penyertaan Modal, BUMD, Deviden dan PAD

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-01