ANALISIS KINERJA INSPEKTORAT KOTA BITUNG

Penulis

  • Julin Mamonto Inspektorat
  • Een N. Walewangko Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Mauna Th.B. Maramis Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.44198.24.1.2023

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Besaran Anggaran Program Pengawasan terhadap Kinerja Inspektorat Kota Bitung .

Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data besaran Anggaran Program Pengawasan Pada Inspektorat Kota Bitung dengan periode pengamatan sepuluh tahun yaitu tahun 2012-2021. Jenis Penelitiaan yang digunakan adalah Jenis penelitian asosiatif dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Data diperoleh dari Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Besaran Anggaran Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian pelaksanaan kebijakan kepala daerah (KDH) (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja Inspektorat Kota Bitung. Besaran Anggaran Program Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja Inspektorat Kota Bitung. Besaran anggaran program Penataan dan penyempurnaan kebijakan sistem dan prosedur pengawasan (X3) tidak berpengaruh terhadap kinerja. Besaran Anggaran Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian pelaksanaan kebijakan kepala daerah (KDH) (X1), Besaran Anggaran Program Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan (X2), Besaran anggaran program Penataan dan penyempurnaan kebijakan sistem dan prosedur pengawasan (X3), berpengaruh secara signifikan terhadap Y.

 

Kata Kunci: Besaran Anggaran, Pengawasan, Kinerja

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-01