ANALISIS KREDIT PERBANKAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SULAWESI UTARA

Penulis

  • Ivone Deasy Anneke Goni IG
  • Tri Oldy Rotinsulu Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Mauna Th.B. Maramis Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.44208.23.3.2022

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kredit perbankan dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara. Masalah pokok yang terjadi dalam perekonomian pada saat ini adalah tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih berfluktuasi.

Salah satu gambaran perkembangan perekonomian daerah biasanya diukur dari perkembangan pertumbuhan ekonomi, yang dipicu oleh beberapa faktor termasuk kredit perbankan.

Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh berdasarkan data yang tersedia dan bersumber dari laporan Badan PusatĀ  Statistik. Data yang tercakup dalam penelitian ini adalah data Pertumbuhan Ekonomi, Kredit Konsumsi, Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi dari Tahun 1992-2021, dengan metode analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama kredit konsumsi, kredit modal kerja, kredit investasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara. Secara parsial kredit modal kerja dan kredit investasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara, sedangkan untuk kredit konsumsi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-14