ANALISIS EFEK LIMPAHAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH BOLAANG MONGONDOW RAYA

Penulis

  • Chandra Saniman Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Paulus Kindangen Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Een N. Walewangko Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.44550.24.1.2023

Abstrak

Adanya pemerataan pembangunan ekonomi erat kaitannya dengan potensi ekonomi dan karakteristik yang dimiliki oleh daerah serta adanya keterkaitan (linkage) kegiatan ekonomi antar daerah sekitarnya. Sehingga perlu diketahui bagaimana hubungan sebab akibat dalam perekonomian daerah yang kemudian memberikan efek limpahan terhadap pertumbuhan ekonomi regional.

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kausalitas pertumbuhan ekonomi yang memberikan efek limpahan kepada kab/kota di Bolaang Mongondow Raya, dengan variabel Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan dengan metode Granger Causality Test.

Hasil penlitian memperlihatkan bahwa di Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur terdapat hubungan kausalitas dua arah yang saling memberikan efek limpahan positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Di daerah-daerah tersebut hubungan kausalitas serta efek limpahan disebabkan oleh perbedaan-perbedaan potensi sumber daya alam, karakteristik wilayah, sektor ungulan. Selain itu faktor keterkaitan wilayah (ketetanggaan) dan komplementaritas atas barang dan jasa serta kondisi infrastruktur yang baik dan saling terkoneksi juga turut mempengaruhi kegiatan ekonomi.


Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, PDRB Atas Dasar Harga Konstan, Efek Limpahan dan Granger Causality Test.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-01