ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DI KOTA KOTAMOBAGU

Penulis

  • mohamad ferdinand mamonto mahasiswa
  • Anderson G. Kumenaung Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Ita Pingkan Fasnie Rorong Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.46185.24.3.2023

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis sektor  basis dan non-basis yang berpotensi mempengaruhi pertumbuhan perekonomian, menganalisis perubahan dan pergeseran sektor perekonomian serta menemukan sektor unggulan di Kota Kotamobagu selama tahun 2010-2021.

Sumber data menggunakan data sekunder berupa data tahun 2010-2021, yaitu data  PDRB Kotamobagu dan data PDRB Provinsi Sulawesi Utara. data diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kotamobagu dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode analisis Location Quotient (LQ), analisis Shift Share, dan Typologi Klassen.

Hasil Analisis Location Quotient menunjukkan, sektor basis meliputi Pengadaan Listrik dan gas, Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang,  Konstruksi, Perdagangan Besar dan Eceran, Jasa Keuangan dan Asuransi, Administrasi Pemerintahan. Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, Jasa Pendidikan, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, Jasa lainnya. Hasil Analisis Shift Share, menunjukan Pergeseran Proporsional Sektor di Kota Kotamobagu semua bernilai positif, sehingga semua sektor pertumbuhannya relatif cepat. Hasil Analisis Typologi Klassen menunjukan sektor maju dan tumbuh pesat, meliputi:  Konstruksi, Perdagangan Besar dan Eceran, Jasa Pendidikan, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial dan Jasa lainnya.

 

Kata kunci : PDRB, Location Quotient, Shift Share, Typologi Klassen, Pertumbuhan Ekonomi

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01