ANALISIS PENGARUH BELANJA MODAL, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA KOTAMOBAGU

Penulis

  • Andry Mokoginta universitas samratulangi
  • Daysi S.M. Engka Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Mauna Th.B. Maramis Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.46188.24.3.2023

Abstrak

Belanja modal adalah salah satu jenis pengeluaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dimana sumber dananya dapat berasal dari transfer Pemerintah Pusat ke daerah berupa dana perimbangan yang terdiri dari Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus dengan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh empat variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dimana didapati secara parsial variabel belanja modal, berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, secara parsial dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya belanja modal, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kata kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Modal, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-01