ANALISIS AGLOMERASI INDUSTRI OLAHAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA KOTAMOBAGU

Penulis

  • johan sofian boulu mahasiswa
  • Vecky A. J. Masinambow Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Een N. Walewangko Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.46416.24.4.2023

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi konsentrasi aglomerasi industri olahan di Kota Kotamobagu, Untuk menganalisis pengaruh aglomerasi industri olahan terhadap PDRB ADHK per kapita Kota Kotamobagu, Untuk menganalisis pengaruh industri olahan terhadap PDRB ADHK per kapita Kota Kotamobagu, Untuk menganalisis pengaruh tenaga kerja yang bekerja di industri olahan terhadap PDRB ADHK per kapita Kota Kotamobagu dan Untuk menganalisis pengaruh industri olahan, jumlah industry olahan dan tenaga kerja yang bekerja di industri olahan terhadap PDRB ADHK per kapita Kota Kotamobagu.

Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi terkait seperti BPS, Dinas Perindustrian dan Bappelitbangda. Data yang digunakan adalah data jumlah industri olahan, jumlah tenaga dan PDRB ADHK, Pertumbuhan Ekonomi, jumlah penduduk dan PDRB ADHK/kapita periode 2017-2021 (lima tahun).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya aglomerasi industri olahan yang terjadi di Kecamatan Kotamobagu Timur dalam meningkat pertumbuhan ekonomi yang diproksi dengan PDRB ADHK per kapita. Besaran aglomerasi di Kecamatan Kotamobagu Timur mencapai diatas 10 selang 5 (lima) tahun terakhir atau memiliki rata-rata tingkat spesialisasi industri olahan sebesar 11,65. Sesuai dengan fungsinya bahwa Aglomerasi industri pada suatu daerah akan mempercepat pertumbuhan perekonomian, karena menciptakan pola konsumsi yang berbeda antar daerah sehingga perkembangan industri di daerah tersebut akan mempengaruhi perkembangan daerah-daerah lainnya.

 

Kata Kunci : Aglomerasi, Industri Olahan, Pertumbuhan Ekonomi

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-01