Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Mahasiswa Upbjj Ut-Manado (Studi Pada Mahasiswa Non-Pendas Kabupaten Kepulauan Sangihe)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa Non-Pendas UPBJJ UT-Manado di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Populasi adalah mahasiswa Non-Pendas UPBJJ UT-Manado di Kabupaten Kepulauan Sangihe masa 2015.1 dengan teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive. Data diperoleh dengan cara menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X1) memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa Non-Pendas (X2). Variabel kualitas layanan (X1) memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas mahasiswa Non-Pendas (Y). Variabel kepuasan mahasiswa (X2) memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas mahasiswa Non-Pendas (Y). Dan variabel kualitas layanan (X1) memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas mahasiswa (Y) melalui variabel kepuasan mahasiswa Non-Pendas (X2).
Kata Kunci:Â Â Â Â Kualitas Layanan, Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa